•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Asesmen Psikologis: Teknik Non Tes

Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, jenis, prinsip dasar, serta praktik pengembangan instrumen non tes dalam bimbingan dan konseling yang meliputi observasi, wawancara, angket, autobiografi, sosiometri, dan instrumen khas BK seperti DCM, AUM. Mahasiswa tidak hanya mempelajari kajian teoritis, tetapi juga dilatihkan keterampilan dalam merancang, mengadministrasikan, serta menganalisis hasil instrumen non tes untuk kepentingan layanan bimbingan dan konseling. Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), mata kuliah ini mendukung SDG 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera) melalui pemanfaatan instrumen non tes dalam upaya memahami kondisi psikologis dan kesejahteraan mental peserta didik. Selain itu, mata kuliah ini juga berkontribusi pada SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dengan menyiapkan mahasiswa agar mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan melalui asesmen non tes yang akurat, sistematis, dan beretika.

CPMK

  • Mahasiswa memahami konsep, jenis, prinsip dasar, serta mampu merancang dan menerapkan instrumen asesmen non tes secara tepat untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan, khususnya dalam bimbingan dan konseling (C4)
  • Mahasiswa mampu menggunakan instrumen asesmen non tes untuk mengidentifikasi dan menganalisis aspek kesehatan mental, kesejahteraan psikologis, serta permasalahan pribadi-sosial peserta didik guna menunjang layanan bimbingan dan konseling yang mendukung kehidupan sehat dan sejahtera (C3)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mahaiswa memahami berbagai aspek yang terkait dengan proses perkuliahan, di antaranya penjelasan mengenai silabus, pendekatan perkuliahan dan sistem evaluasi. Dilakukan pula kontrak sosial belajar dengan mengakomodasi saran dan masukan serta kebutuhan belajar mahasiswa
    • Date  25 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Pentingnya asesmen psikologi teknik non tes serta menguraikan jenis-jenisnya sebagai dasar peningkatan mutu layanan bimbingan dan konseling untuk mendukung terciptanya pendidikan yang berkualitas.
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Pentingnya merancang dan mendesain asesmen non tes observasi jenis skala penilaian yang sesuai dengan kebutuhan, guna mendukung identifikasi kesehatan mental serta kesejahteraan psikologis peserta didik
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Konsep, tujuan, dan prosedur penyusunan wawancara sebagai alat asesmen non-tes dalam BK
    • Date  15 September 2025

  • Pertemuan 5
    Diharapkan mampu memahami konsep angket terbuka, merancang dan mendesain angket terbuka sebagai alat asesmen non-tes dalam layanan BK
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 6
    Dan mendesainangket tertutup sebagai alat asesmen non-tes dalam layanan BK
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 7
    , merancang dan mendesain sosiometri sebagai alat bantu pengungkapan masalah pribadi, sosial, dan perkembangan peserta didik untuk menunjang perencanaan layanan BK yang tepat
    • Date  6 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    , merancang dan mendesain tes "Who Am I" dalam asessmen non tes
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Hakikat otobiografi, merancang dan mendesain otobiografi dalam asesmen non tes
    • Date  3 November 2025

  • Pertemuan 11
    Konsep inventory DCM (Daftar Cek Masalah) serta mampu mengaplikasikan
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 12
    Dan menjelaskan konsep Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum, AUM PTSDL SMP, SMA serta teknis aplikasinya
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 13
    Melaksanakan analisis kebutuhan yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, angket, sosiometri, tes “Who Am I”, autobiografi, DCM dan AUM yang relevan dengan kebutuhan peserta serta mengkomunikasikannya kepada stakeholeders
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 14
    Melaksanakan analisis kebutuhan yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, angket, sosiometri, tes “Who Am I”, autobiografi, DCM dan AUM yang relevan dengan kebutuhan peserta serta mengkomunikasikannya kepada stakeholeders
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Melaksanakan analisis kebutuhan berdasarkan hasil observasi, wawancara, angket, sosiometri, tes “Who Am I”, autobiografi, DCM, dan AUM yang relevan dengan kondisi peserta didik, serta mengkomunikasikan hasilnya kepada stakeholders untuk mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis
    • Date  8 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  15 Desember 2025

Dosen

TITIN INDAH PRATIWI
TITIN INDAH PRATIWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ELA NUR FADILAH
ELA NUR FADILAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Bimbingan dan Konseling (Kampus Kabupaten Magetan)
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10