•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Inovatif

Program Studi S1 Pendidikan Matematika (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mengkaji tentang landasan teori, tahapan, pengelolaan kelas, dan evaluasi dalam Pembelajaran Diferensiasi, Pembelajaran Mendalam (Deep Learning), Model Pengajaran Langsung, Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), Pembelajaran Discovery, Pembelajaran berdasarkan Masalah (Problem-based Learning), dan Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika disertai implementasinya dalam pembelajaran melalui tugas individu dan tugas kelompok dengan kegiatan diskusi dan refleks

CPMK

  • Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis teori, prinsip, serta tahapan berbagai model pembelajaran inovatif dalam pendidikan matematika
  • Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan pedagogik dalam merancang perencanaan, pengelolaan kelas, dan evaluasi pembelajaran matematika dengan memanfaatkan model pembelajaran inovatif sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan teknologi pendidikan
  • Mahasiswa mampu mendemonstrasikan keterampilan dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif yang berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi.
  • Mahasiswa mampu mengambil keputusan berbasis data untuk menilai efektivitas penerapan model pembelajaran inovatif dalam menyelesaikan tugas pembelajaran matematika serta melakukan evaluasi hasilnya secara bertanggung jawab.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pembelajaran diferensiasi, pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) dan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching)
    • Date  27 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Memamhami pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran mendalam (Deep Learning)
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 3
    Konsep dan prinsip Contextual Teaching and Learning (CTL)
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 4
    Sikap ilmiah, kritis dan inovatif pada materi pembelajaran Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction)
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 5
    Konsep dasar dan tujuan Cooperative Learning dalam pembelajaran matematika
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 6
    Prosedur model STAD dan Jigsaw
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Langkah-langkah model TGT dan Group Investigation
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Merancang skenario pembelajaran matematika dengan salah satu model pembelajaran inovatif
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Model Discovery Learning
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Model Discovery Learning
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Model pembelajaran berbasis masalah (Problem based Learning)
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Model pembelajaran berbasis masalah (Problem based Learning)
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Model pembelajaran berbasis projek (Project based Learning)
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Model pembelajaran berbasis projek (Project based Learning)
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Merancang kegiatan pembelajaran berbasis IT sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih (individu)
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Berbagai model pembelajaran inovatif ke dalam rancangan pembelajaran matematika
    • Date  17 Desember 2025

Pustaka

Dosen

PRADNYO WIJAYANTI
PRADNYO WIJAYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika (Kampus Kabupaten Magetan)
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10