Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Kurikulum Sekolah membahas konsep, teori, prinsip, dan praktik pengembangan serta implementasi kurikulum pendidikan di Indonesia dengan fokus pada kurikulum pendidikan jasmani di sekolah dasar dan menengah. Melalui pendekatan Project Based Learning (PjBL), mahasiswa diajak untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merancang implementasi kurikulum yang inovatif, adaptif, inklusif, dan kontekstual sesuai kebutuhan peserta didik. Kajian mencakup sejarah perkembangan kurikulum nasional (KBK, KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka), model pengembangan kurikulum, prinsip perancangan pembelajaran abad ke-21, serta analisis keterlaksanaan kurikulum di satuan pendidikan. Mata kuliah ini menanamkan nilai profesionalisme, etika akademik, kolaborasi, dan tanggung jawab sosial dalam mendukung transformasi pendidikan nasional yang berkeadilan dan berkelanjutan serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terutama SDG 4 (Pendidikan Berkualitas),melalui pengembangan pendidikan jasmani yang sehat, bermakna, dan inklusif.
CPMK
- Menjelaskan konsep dasar, prinsip, dan sejarah perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia serta memahami perannya dalam konteks pendidikan jasmani di sekolah.
- Menganalisis model, struktur, dan komponen kurikulum sekolah, termasuk Kurikulum Merdeka, serta mengaitkannya dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21
- Menerapkan pemikiran kritis, logis, dan inovatif dalam mengevaluasi implementasi kurikulum di satuan pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran PJOK yang inklusif dan adaptif
- Merancang dan merekomendasikan pengembangan kurikulum sekolah yang kontekstual, kreatif, dan berkelanjutan, dengan mengintegrasikan nilai-nilai etika akademik, profesionalisme, serta prinsip keadilan pendidikan sesuai semangat SDGs.