Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep dasar pendidikan anak usia dini melalui kajian bertahap selama 16 pertemuan. Mahasiswa mempelajari hakikat dan landasan PAUD (minggu 1–2), teori dan filosofi pendidikan anak (3–4), prinsip, asas, dan pemikiran tokoh PAUD (5–6), teori belajar dan pembelajaran anak usia dini (7–8), penggunaan teknologi dan konsep bermain (9–11), kurikulum dan layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (12–13), pengembangan kecerdasan jamak serta studi kasus penyelenggaraan PAUD (14–15), dan evaluasi akhir (16).
Pembelajaran dilakukan melalui ceramah, diskusi, studi kasus, dan problem-based learning untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan reflektif. Mata kuliah ini mendukung SDGs 4 – Pendidikan Berkualitas, khususnya target 4.2, dengan menanamkan nilai inklusivitas, kesetaraan, dan mutu pendidikan bagi semua anak sejak usia dini.
CPMK
- Mampu memahami dan menguasai konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini
- Mampu memahami konsep holistik integratif dalam penyelenggaraan PAUD
- Mampu menentukan filosofi yang tepat untuk penyelenggaraan PAUD