Deskripsi Mata Kuliah
Desain dan Teknologi Pembelajaran Seni adalah mata kuliah yang membahas prinsip dan teknik perancangan pembelajaran seni berbasis teknologi dengan pendekatan model pembelajaran case study. Mahasiswa akan diajak untuk menganalisis dan merancang solusi pembelajaran seni yang relevan dengan kebutuhan zaman melalui studi kasus nyata, seperti integrasi teknologi digital dalam pembelajaran seni rupa, musik, atau tari. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, sehingga mahasiswa diajak untuk memahami bahwa pembelajaran seni tidak berhenti di ruang kelas, melainkan terus berkembang melalui eksplorasi teknologi dan penerapan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, diharapkan mahasiswa mampu menciptakan inovasi pembelajaran seni yang adaptif, inklusif, dan berkelanjutan.
CPMK
- 1. Menjelaskan pradigma baru tentang belajar dan pembelajaran dan teori-teori belajar dan pembelajaran
- 2. Menganalisis dan presentasi proses desain dan teknologi pembelajaran
- 3. Menyusun model-model desain dan kebutuhan teknologi pembelajaran Seni Budaya
- 4. Mempresentasikan desain dan kebutuhan teknologi pembelajaran Seni Budaya