•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Research Instruments

Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Penggunaan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk analisis dan penerapan prinsip-prinsip dasar penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan secara aplikatif operasional. Topik mata kuliah ini meliputi paradigma penelitian kualitatif, model-model penelitian kualitataif, fungsi teori, pengumpulan dan pengolahan data, penganalisisan data, dan pengujian kesahihan temuan melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa makalah/artikel

CPMK

  • Mahasiswa mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (ipteks) sebagai alat bantu dalam penerapan metode penelitian.
  • Mahasiswa menguasai prinsip-prinsip dasar dan aspek teknis metode penelitian kualitatif untuk merancang prosedur penelitian secara aplikatif dan operasional di bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan.
  • Mahasiswa mampu mengambil keputusan strategis dalam menerapkan metode penelitian kualitatif secara aplikatif dan operasional untuk merancang prosedur penelitian di bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan.
  • Mahasiswa menunjukkan sikap bertanggung jawab serta berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam menyelesaikan tugas-tugas penerapan metode penelitian di bidang pendidikan bahasa-sastra, kebahasaan, dan/atau kesastraan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Memanfaatkan ipteks untuk Menyusun sintesis hasil penelitian bidang pembelajaran bahasa dan sastra lima tahun terakhir dari jurnal internasional bereputasi untuk mendapatkan model metode penelitian yang mendukung dan mengakselerasi penyelesaian proposal disertasi.
    • Date  7 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA
    • Date  14 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan yang berfokus pada CCDA, CDA, dan Method of CDA
    • Date  21 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  28 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  7 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  14 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Konsep metodologi penelitian kualitatif bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya Berfokus pada metode etnography, narrative analysis, dan case study
    • Date  21 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Analysis proposal
    • Date  28 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Analysis proposal
    • Date  4 April 2025

  • Pertemuan 10
    Analysis proposal
    • Date  11 April 2025

  • Pertemuan 11
    Analysis proposal
    • Date  18 April 2025

  • Pertemuan 12
    Analysis proposal
    • Date  25 April 2025

  • Pertemuan 13
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  2 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  9 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  16 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara kualitatif yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
    • Date  23 Mei 2025

Dosen

SUHARTONO
SUHARTONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10