Mata kuliah ini merupakan mata kuliah case study yang mempelajari tentang konsep matriks serta aplikasinya yang berkaitan dengan pengolahan data. Penggunaan aplikasi komputer yang terkait juga dikenalkan dalam mata kuliah ini.
CPMK
Bertanggung jawab dalam setiap penyelesaian tugas yang diberikan
Mampu menggunakan perangkat lunak untuk menyelesaikan permasalahan tentang matriks
Mampu merancang penyelesaian masalah dalam pengolahan data menggunakan metode-metode pada matriks
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan tentang matriks yang berkaitan dengan sains data
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar matriks (KNO-1)
Date 8 Februari 2024
Pertemuan 2
Invers dan determinan matriks (KNO-1)
Date 15 Februari 2024
Pertemuan 3
Sistem persamaan linier (KNO-1)
Date 22 Februari 2024
Pertemuan 4
Sistem persamaan linier (KNO-1)
Date 29 Februari 2024
Pertemuan 5
SPL untuk menyelesaikan masalah nyata (SKI- 2)
Date 7 Maret 2024
Pertemuan 6
Konsep vektor dalam ruang-2, ruang-3, ruang-n dan operasinya (KNO-1)
Date 14 Maret 2024
Pertemuan 7
Ruang vektor real dan sub-ruangnya (KNO-1)
Date 21 Maret 2024
Pertemuan 8
Materi yang telah disampaikan sejak pertemuan ke-1 sampai dengan ke-7.
Date 28 Maret 2024
Pertemuan 9
Konsep basis dan dimensi (KNO-1)
Date 4 April 2024
Pertemuan 10
Konsep basis dan dimensi (KNO-1)
Date 18 April 2024
Pertemuan 11
Konsep Ruang Hasil Kali Dalam dan proses Gram-Schmidt (KNO-1)
Date 25 April 2024
Pertemuan 12
Konsep Ruang Hasil Kali Dalam dan proses Gram-Schmidt (KNO-1)
Date 2 Mei 2024
Pertemuan 13
Transformasi Linier (KNO-1)
Date 9 Mei 2024
Pertemuan 14
Nilai Eigen dan Vektor Eigen (KNO-1)
Date 16 Mei 2024
Pertemuan 15
Program komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks (SOC-2, SKI-1-2 dan COM-2)
Date 23 Mei 2024
Pertemuan 16
Materi yang telah disampaikan sejak pertemuan ke-9 sampai dengan ke-15.
Mengkaji tentang teori-teori yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar perilaku (behaviourisme), teori belajar kognitif, teori pemrosesan informasi, teori belajar konstruktivisme, teori belajar sosial,
Mata kuliah ini mengkaji tentang deep learning, keterampilan dasar mengajar, mengembangkan perangkat pembelajaran, berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhan
Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi bahan ajar yang efektif dan inovatif. Topik