•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Inovatif

Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mengkaji tentang landasan teori, tahapan, pengelolaan kelas, dan evaluasi dalam Pembelajaran Diferensiasi, Pembelajaran Mendalam (Deep Learning), Model Pengajaran Langsung, Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), Pembelajaran Discovery, Pembelajaran berdasarkan Masalah (Problem-based Learning), dan Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika disertai implementasinya dalam pembelajaran melalui tugas individu dan tugas kelompok dengan kegiatan diskusi dan refleksi.

CPMK

  • Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis teori, prinsip, serta tahapan berbagai model pembelajaran inovatif dalam pendidikan matematika.
  • Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan pedagogik dalam merancang perencanaan, pengelolaan kelas, dan evaluasi pembelajaran matematika dengan memanfaatkan model pembelajaran inovatif sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan teknologi pendidikan.
  • Mahasiswa mampu mendemonstrasikan keterampilan dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif yang berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi.
  • Mahasiswa mampu mengambil keputusan berbasis data untuk menilai efektivitas penerapan model pembelajaran inovatif dalam menyelesaikan tugas pembelajaran matematika serta melakukan evaluasi hasilnya secara bertanggung jawab.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pembelajaran diferensiasi, pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) dan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching)
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Pembelajaran diferensiasi dan pembelajaran mendalam (Deep Learning)
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Merancang kegiatan pengajaran langsung dan mensimulasikannya
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep dan prinsip Contextual Teaching and Learning (CTL).
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Konsep dasar dan tujuan Cooperative Learning dalam pembelajaran matematika.
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Prosedur model STAD dan Jigsaw
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Langkah-langkah model TGT dan Group Investigation
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Merancang skenario pembelajaran matematika dengan salah satu model pembelajaran inovatif.
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Model Discovery Learning
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Model Discovery Learning
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Model pembelajaran berbasis masalah (Problem based Learning)
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Model pembelajaran berbasis masalah (Problem based Learning)
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Model pembelajaran berbasis projek (Project based Learning)
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Model pembelajaran berbasis projek (Project based Learning)
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Merancang kegiatan pembelajaran berbasis IT sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih (individu)
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Berbagai model pembelajaran inovatif ke dalam rancangan pembelajaran matematika.
    • Date  11 Juni 2024

Pustaka

Dosen

SUGI HARTONO
SUGI HARTONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ISMAIL
ISMAIL
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10