Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah di UPNFE Unesa yang dirancang untuk mengembangkan wawasan
mahasiswa terhadap masalah-masalah NFE yang nyata, meningkatkan kemampuan mereka dalam mengorganisir dan
mempresentasikan masalah, serta menjadi peserta aktif dalam seminar, dan meningkatkan keterampilan dalam
menyelenggarakan seminar di bidang NFE. Ruang lingkup mata kuliah ini mencakup
masalah-masalah aktual di bidang NFE yang diuraikan dalam satu makalah lengkap,
yang meliputi identifikasi dan formulasi masalah, pengembangan kerangka berpikir,
pembahasan, dan kesimpulan rekomendasi.
Tujuan mata kuliah Seminar Proposal dalam Program Studi Pendidikan Nonformal (PNF) umumnya
meliputi Pengembangan dan Penyempurnaan Proposal Penelitian, Pengembangan Keterampilan Presentasi,
Peningkatan Keterampilan Analitis dan Kritis, Pemahaman Metodologi Penelitian, Persiapan Proposal
Skripsi atau Skripsi. Secara keseluruhan, tujuan mata kuliah ini adalah mempersiapkan mahasiswa untuk
dapat menyusun, mempresentasikan, dan mengembangkan proposal penelitian yang siap untuk
dilaksanakan.
CPMK
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan dasar yang relevan dan aktual sebagai dasar penyusunan proposal penelitian.
- Mahasiswa mampu merumuskan masalah penelitian yang fokus, spesifik, dan dapat diteliti dalam konteks pendidikan dasar.
- Mahasiswa mampu merumuskan tujuan dan manfaat penelitian secara logis dan terukur sesuai dengan permasalahan yang diangkat.
- Mahasiswa mampu melakukan telaah pustaka terhadap jurnal ilmiah, buku, dan sumber kredibel lainnya untuk mendukung latar belakang dan dasar teori penelitian.
- Mahasiswa mampu merumuskan landasan teori yang relevan dengan topik dan fokus penelitian secara sistematis dan kritis.
- Mahasiswa mampu merancang metode penelitian (jenis, pendekatan, dan desain) yang sesuai dengan tujuan dan permasalahan penelitian.
- Mahasiswa mampu menyusun instrumen penelitian yang valid dan reliabel sesuai dengan pendekatan yang digunakan.
- Mahasiswa mampu menentukan teknik pengumpulan data yang sesuai dengan pendekatan dan desain penelitian.
- Mahasiswa mampu menjelaskan teknik analisis data yang digunakan secara tepat dan logis.
- Mahasiswa mampu menyusun sistematika proposal penelitian sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku.
- Mahasiswa mampu menggunakan bahasa akademik yang tepat, baku, dan komunikatif dalam penulisan proposal.
- Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi penunjang karya ilmiah (seperti Mendeley, Zotero, atau lainnya) dalam menyusun daftar pustaka.
- Mahasiswa mampu mempresentasikan proposal penelitian dengan struktur logis, argumentasi yang kuat, dan komunikasi yang baik.
- Mahasiswa mampu menerima, merespons, dan merevisi proposal berdasarkan masukan dari dosen pembimbing dan penguji.
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap tanggung jawab, jujur, dan etis dalam menyusun dan mempresentasikan proposal penelitian.
- Mahasiswa mampu menyiapkan proposal yang layak untuk diujikan dalam sidang proposal sebagai langkah awal penyusunan skripsi.