Mata kuliah Pengambangan bahan ajar mahasiswa mampu merancang, merencanakan dan menyusun bahan ajar Fisika SMA/MA yang inovatif berdasarkan data atau informasi dan pengetahuan pedagogis sesuai pembelajaran abad 21 dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dengan kinerja mandiri dan sikap ilmiah yang baik
CPMK
Mahasiswa mampu memahami definisi dan jenis-jenis bahan ajar dalam ruang lingkup pendidikan fisika
Mahasiswa mampu memahami struktur buku ajar dalam ruang lingkup pendidikan fisika
Mahasiswa mampu mengembangkan struktur makro dan peta konsep terkait buku ajar dalam ruang lingkup pendidikan fisika
Mahasiswa mampu merancang, merencanakan dan menyusun bahan ajar Fisika SMA/MA yang inovatif berdasarkan data atau informasi dan pengetahuan pedagogis sesuai pembelajaran abad 21 dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dengan kinerja mandiri dan sikap ilmiah yang baik.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Dan memahami berbagai definisi dan jenis bahan ajar yang relevan dalam konteks pendidikan fisika.
Date 5 Februari 2025
Pertemuan 2
Diharapkan mampu memahami konsep-konsep dasar dalam struktur buku ajar
Date 12 Februari 2025
Pertemuan 3
Diharapkan mampu memahami konsep-konsep dasar dalam struktur buku ajar
Date 19 Februari 2025
Pertemuan 4
Mengidentifikasi, merancang, dan mengembangkan struktur makro yang relevan dengan materi buku ajar dalam konteks pendidikan fisika.
Date 26 Februari 2025
Pertemuan 5
Mengidentifikasi, merancang, dan mengembangkan struktur makro yang relevan dengan materi buku ajar dalam konteks pendidikan fisika.
Date 5 Maret 2025
Pertemuan 6
Struktur makro yang relevan dengan materi buku ajar dalam konteks pendidikan fisika.
Date 12 Maret 2025
Pertemuan 7
Struktur makro yang relevan dengan materi buku ajar dalam konteks pendidikan fisika.
Date 19 Maret 2025
Pertemuan 8
Struktur makro yang relevan dengan materi buku ajar dalam konteks pendidikan fisika.
Date 26 Maret 2025
Pertemuan 9
Merancang bahan ajar Fisika SMA/MA yang inovatif berdasarkan data atau informasi dan pengetahuan pedagogis sesuai pembelajaran abad 21 dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dengan kinerja mandiri dan sikap ilmiah yang baik.
Date 2 April 2025
Pertemuan 10
Merancang bahan ajar Fisika SMA/MA yang inovatif berdasarkan data atau informasi dan pengetahuan pedagogis sesuai pembelajaran abad 21 dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dengan kinerja mandiri dan sikap ilmiah yang baik.
Date 9 April 2025
Pertemuan 11
Merancang bahan ajar Fisika SMA/MA yang inovatif berdasarkan data atau informasi dan pengetahuan pedagogis sesuai pembelajaran abad 21 dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dengan kinerja mandiri dan sikap ilmiah yang baik.
Date 16 April 2025
Pertemuan 12
Merancang bahan ajar Fisika SMA/MA yang inovatif berdasarkan data atau informasi dan pengetahuan pedagogis sesuai pembelajaran abad 21 dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dengan kinerja mandiri dan sikap ilmiah yang baik.
Date 23 April 2025
Pertemuan 13
Merancang bahan ajar Fisika SMA/MA yang inovatif berdasarkan data atau informasi dan pengetahuan pedagogis sesuai pembelajaran abad 21 dengan memanfaatkan sumber belajar berbasis IPTEKS dengan kinerja mandiri dan sikap ilmiah yang baik.
Date 30 April 2025
Pertemuan 14
Buku ajar yang telah dikembangkan secara visual dengan representasi yang jelas dan mudah dipahami.
Date 7 Mei 2025
Pertemuan 15
Buku ajar yang telah dikembangkan secara visual dengan representasi yang jelas dan mudah dipahami.
Date 14 Mei 2025
Pertemuan 16
Buku ajar yang telah dikembangkan secara visual dengan representasi yang jelas dan mudah dipahami.
This course discusses reading, listening, speaking, writing, and paragraph development in English with biological substances. The material is delivered with a student-centered approach in practical
Kajian tentang konsep-konsep dasar: Stoikhiometri, Struktur Atom & Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia, Larutan, Sistem Koloid, Energetika, Laju Reaksi, Kesetimbangan Kimia, Redoks & Elektrokimia, Kimia
Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dan ruang lingkup IPA, IPA sebagai inkuiri, Keterampilan Proses Sains (KPS), aspek konten IPA, fungsi IPA dalam penumbuhan kecakapan