Mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep pokok dalam perancangan antarmuka perangkat lunak secara umum dan aplikasinya dalam produk digital. Mata kuliah ini mengulas penggunaan konsep-konsep desain, evaluasi, analisis, dan visualisasi data.
CPMK
Mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam desain interaksi antarmuka pengguna secara mendalam
Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mendesain, mengimplementasikan, serta mengevaluasi antarmuka pengguna yang memperhatikan kebutuhan pengguna
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip desain untuk mengembangkan produk digital yang dibutuhkan masyarakat dan/atau industri
Mahasiswa mampu merancang antarmuka pengguna yang inovatif, inklusif, dan adaptif dengan semangat kolaboratif serta ketangguhan dalam menghadapi tantangan usability
Mahasiswa mampu berkolaborasi dalam tim untuk menyelesaikan permasalahan
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Perlunya mempelajari interaksi manusia-komputer
Date 3 Februari 2025
Pertemuan 2
User experience (UX) process untuk merancang produk interaktif
Date 10 Februari 2025
Pertemuan 3
User experience (UX) process untuk merancang produk interaktif
Date 17 Februari 2025
Pertemuan 4
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 24 Februari 2025
Pertemuan 5
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 3 Maret 2025
Pertemuan 6
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 10 Maret 2025
Pertemuan 7
Kebutuhan Pengguna
Date 17 Maret 2025
Pertemuan 8
Merancang design interaksi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
Date 24 Maret 2025
Pertemuan 9
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 31 Maret 2025
Pertemuan 10
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 7 April 2025
Pertemuan 11
User experience (UX) desain interaksi
Date 14 April 2025
Pertemuan 12
User experience (UX) desain interaksi
Date 21 April 2025
Pertemuan 13
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 28 April 2025
Pertemuan 14
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 5 Mei 2025
Pertemuan 15
User experience (UX) desain interaksi
Date 12 Mei 2025
Pertemuan 16
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Memahami, dan mengkomunikasikan konsep dasar Ekologi tentang: ruang lingkup ekologi, prinsip dan konsep ekosistem, azas dan konsep energi, proses makan memakan, azas dan konsep daur
Mata kulaih ini mengaji tentang paradigma penelitian, pendekatan penelitian, jenis-jenis penelitian, kajian artikel-artikel penelitian mutakhir, hipotesis, variabel, rancangan penelitian, instrumen penelitian, teknik penelitian, analisis data
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah case method yang mempelajari tentang konsep matriks serta aplikasinya yang berkaitan dengan pengolahan data. Penggunaan aplikasi komputer yang terkait