Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran membekali mahasiswa dengan konsep, prinsip, dan teknik perencanaan pembelajaran matematika yang efektif dan sistematis. Isi mata kuliah mencakup analisis kurikulum, penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan materi, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu merancang perangkat pembelajaran matematika (seperti RPP, modul, dan LKPD) yang inovatif, kontekstual, dan berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ruang lingkup meliputi perencanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, model-model pembelajaran matematika, serta integrasi teknologi dan penilaian autentik dalam pembelajaran.
CPMK
- Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam materi pembelajaran matematika meliputi hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, penilaian belajar) dan dalam tugas profesional
- Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuan pedagogik dalam penyusunan perangkat perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum dan perkembangan teknologi.
- Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik berbasis teknologi secara adaptif dan inovatif.
- Mampu mengambil keputusan berbasis data dalam memilih strategi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran matematika yang tepat.