•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pembelajaran Berbasis STEM (Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics)

Program Studi S3 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian berbagai aspek yang terkait komponen kunci dari Pendidikan STEM, prinsip dasar dan seiarah Pendidikan STEM, model-model pembelajaran STEM, penelitian desain dan implementasi kurikulum STEM, Penelitian tentang teknologi dan alat bantu dalam pembelajaran STEM, penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran STEM serta inovasi pengembangan riset dalam Pendidikan dan pembelajaran STEM. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi project (50%), tugas (20%), uts (15%) partisipatif/unjuk kerja (15%)

CPMK

  • Mendeskripsikan pembelajaran berbasis STEM dengan sikap ilmiah yang kritis dan kreatif
  • Menganalisis konsep-konsep pembelajaran STEM dengan argumen yang efektif dan komunikatif
  • Merancang pembelajaran berbasis STEM yang efektif, kreatif, dan inovatif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Makna, konsep dasar dan prinsip pendidikan STEM
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Makna, konsep dasar dan prinsip pendidikan STEM
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Teori dan praktik penelitian dalam pendidikan STEM yang orisinil, kreatif, dan inovatif
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Teori dan praktik penelitian dalam pendidikan STEM yang orisinil, kreatif, dan inovatif
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Komponen pengetahuan dan berpikir kritis dalam Pendidikan dan pembelajaran STEM
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Komponen pengetahuan dan berpikir kritis dalam Pendidikan dan pembelajaran STEM
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Metode pengajaran STEM dengan menggunakan pengetahuan terkini dan standar pendidikan yang berlaku.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Model pembelajaran interdisipliner yang mengintegrasikan konsep-konsep dari sains, teknologi, rekayasa, dan matematika berbasis penelitian
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Model pembelajaran interdisipliner yang mengintegrasikan konsep-konsep dari sains, teknologi, rekayasa, dan matematika berbasis penelitian
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Model pembelajaran interdisipliner yang mengintegrasikan konsep-konsep dari sains, teknologi, rekayasa, dan matematika berbasis penelitian
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Berbagai disiplin ilmu dalam proyek penelitian STEM untuk memecahkan masalah dalam pengembangan pendidikan matematika
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Berbagai disiplin ilmu dalam proyek penelitian STEM untuk memecahkan masalah dalam pengembangan pendidikan matematika
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Berbagai disiplin ilmu dalam proyek penelitian STEM untuk memecahkan masalah dalam pengembangan pendidikan matematika
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Berbagai disiplin ilmu dalam proyek penelitian STEM untuk memecahkan masalah dalam pengembangan pendidikan matematika
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  20 Mei 2025

Dosen

ROOSELYNA EKAWATI
ROOSELYNA EKAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ISMAIL
ISMAIL
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Matematika
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10