•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course PEMBELAJARAN INOVATIF

Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas kajian tentang pendekatan dan model-model pembelajaran meliputi pembelajaran berpusat pada siswa-guru, model pembelajaran inkuiri, diskoveri, kooperatif, problem-based learning (PBL), project-based learning (PjBL), pendekatan STEAM, Blended Learning, dan Digital Learning. Pengkajian dilakukan melalui pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa yang berorientasi pada tiap-tiap model dan pendekatan. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi.

CPMK

  • Menjelaskan prinsip, karakteristik, dan sintaks berbagai pendekatan dan model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran IPA
  • Merancang perangkat pembelajaran IPA berdasarkan pendekatan dan model pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan pemanfaatan ICT
  • Menerapan pembelajaran inovatif pada pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan pemanfaatan ICT
  • Melakukan evaluasi dan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran IPA berbasis model dan pendekatan inovatif.
  • Menyajikan gagasan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA secara lisan dan tulisan dalam forum akademik, dengan struktur dan argumentasi yang logis serta bahasa yang efektif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Prinsip, karakteristik, dan teori-teori pendukung pembelajaran berpusat pada guru dan siswa sesuai konsep substantif menggunakan bahasa yang efektif.
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran inkuiri menggunakan bahasa yang efektif.
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran diskoveri dengan bahasa yang efektif.
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran kooperatif dengan bahasa yang efektif.
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan bahasa yang efektif.
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan bahasa yang efektif.
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Karakteristik pendekatan pembelajaran berbasis STEAM dan Blended Learning dengan bahasa yang efektif.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Mempresentasikan karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran terpilih dalam pembelajaran IPA secara lisan dengan bahasa yang efektif.
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran inkuiri untuk pembelajaran IPA
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran diskoveri untuk pembelajaran IPA
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran kooperatif untuk pembelajaran IPA
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk pembelajaran IPA
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk pembelajaran IPA
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran inovatif dalam pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan ICT
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Evaluasi dan refleksi terhadap proses dan hasil simulasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif dengan mengintegrasikan ICT
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif dengan mengintegrasikan ICT dan implementasinya secara tulisan dan lisan menggunakan bahasa yang efektif
    • Date  20 Mei 2025

Dosen

AN NURIL MAULIDA FAUZIAH
AN NURIL MAULIDA FAUZIAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DYAH ASTRIANI
DYAH ASTRIANI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10