Deskripsi Mata Kuliah
 
               
              Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi dan HoTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen, bentuk-bentuk instrumen, rubrik/pedoman penilaian, analisis dan interpretasi hasil asesmen, serta pemanfaatannya dalam dunia pendidikan.
 
			  CPMK
 
               
                 
                   
				  - Mengembangkan instrumen untuk mengakses proses pembelajaran dan hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik termasuk literasi dan HOTs (kemampuan berpikir tingkat tinggi) serta mampu menyusun petunjuk atau pedoman penilaian
  - Menunjukkan keterampilan berpikir kritis dalam memilih pendekatan, metode, dan teknik atau strategi penilaian sesuai dengan indikator atau kompetensi yang diukur.
                    
 
                  
				
                 
                   
                    - Kompeten dalam mengelola dan menganalisis berbagai hasil penilaian untuk melakukan evaluasi dan merumuskan umpan balik termasuk untuk siswa berkebutuhan khusus
  - Memanfaatkan berbagai sumber belajar, hasil penelitian, media, dan TIK untuk mengembangkan penilaian.