•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Psikologi Pembelajaran Matematika

Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mengaji tentang masalah-masalah pembelajaran matematika dengan pendekatan psikologi yang meliputi formasi konsep-konsep matematika, ide suatu skema, berpikir matematis, faktor-faktor interpersonal dan emosional serta pemecahan masalah dalam matematika melalui belajar aktif yang memanfaatkan teknologi dan informasi.

CPMK

  • Mampu menganalisis permasalahan pendidikan matematika yang berkaitan dengan motivasi, penguatan, dan kebiasaan belajar siswa, serta merumuskan strategi pemecahan masalah dengan pendekatan behaviorisme yang sesuai untuk meningkatkan keterlibatan belajar serta mampu menggunakannya dalam perencanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah dengan cermat
  • Mampu mengidentifikasi masalah pembelajaran matematika yang muncul akibat ketidaksesuaian tahap perkembangan kognitif siswa, kesulitan dalam konstruksi pengetahuan, atau kurangnya scaffolding, serta menyusun solusi pembelajaran berbasis teori kognitivisme yang adaptif dan kontekstual serta mampu menggunakannya dalam perencanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah dengan cermat
  • Mampu menemukan dan menganalisis kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika abstrak, level berpikir geometri, maupun strategi pemecahan masalah berdasarkan karakteristik belajar matematika; serta merancang pendekatan pembelajaran matematika yang inovatif untuk mengatasi masalah tersebut baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah dengan cermat
  • Mampu menganalisis perbedaan gaya berpikir dan kecerdasan siswa yang menimbulkan hambatan dalam pembelajaran matematika, serta mengembangkan solusi pembelajaran yang bervariasi dan mampu menggunakannya dalam perencanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah dengan cermat
  • Mampu mengidentifikasi masalah pembelajaran matematika yang dipengaruhi oleh faktor nilai, budaya, dan konteks sosial siswa, serta menyusun strategi pembelajaran yang inklusif dan relevan secara budaya untuk meningkatkan kebermaknaan belajar matematika baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah dengan cermat

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kontrak Kuliah
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Prinsip dasar Teori Skinner serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori behaviorisme dan menyusun strategi perbaikan
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 4
    Prinsip dasar Teori Piaget serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori kognitivisme dan menyusun strategi perbaikan
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Prinsip dasar Teori Bruner serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori kognitivisme dan menyusun strategi perbaikan
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Prinsip dasar Teori Dienes serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori karakteristik belajar matematika dan menyusun strategi perbaikan
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Prinsip dasar Teori Polya serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori karakteristik belajar matematika dan menyusun strategi perbaikan
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Prinsip dasar Teori Guilford serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika.
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori gaya berpikir dan kecerdasan serta menyusun strategi perbaikan
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Prinsip dasar Teori Bishop serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori nilai, budaya, dan konteks sosial dan menyusun strategi perbaikan
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Mempresentasikan produk proyek pembelajaran inovatif berbasis teori psikologi pembelajaran, serta melakukan refleksi kritis untuk mengevaluasi kelebihan, kelemahan, dan peluang implementasi produk tersebut dalam pembelajaran matematika
    • Date  18 Desember 2025

Dosen

YULIA IZZA EL MILLA
YULIA IZZA EL MILLA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika
  • Semester6
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10