•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Budaya Konsumen

Program Studi S1 Sosiologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Budaya Konsumen pada program studi Sosiologi membahas tentang perilaku konsumen dalam konteks budaya. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami pola-pola konsumsi yang terjadi dalam masyarakat, serta faktor-faktor yang memengaruhi pilihan konsumen. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis terhadap budaya konsumen, perubahan tren konsumsi, dampak globalisasi terhadap pola konsumsi, serta strategi pemasaran yang berbasis pada pemahaman budaya konsumen. Dengan mempelajari Budaya Konsumen, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai hubungan antara budaya dan konsumsi dalam masyarakat.

CPMK

  • Menganalisis perkembangan historis dan konsep-konsep kunci budaya konsumen, termasuk konsumerisme, globalisasi, dan konsumsi simbolik.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan masalah terkait budaya konsumen dan mengambil keputusan yang tepat.
  • mampu menganalisis perilaku konsumsi dalam masyarakat lokal dan global dengan menggunakan teori dan metode sosiologi

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    - Menguraikan teori konsumsi (Veblen, Bourdieu, Baudrillard)
    • Date  6 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    - Menguraikan teori konsumsi (Veblen, Bourdieu, Baudrillard)
    • Date  13 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Mengidentifikasi, membandingkan, dan menerapkan teori sosiologi dalam menganalisis pola konsumsi di berbagai konteks sosial.
    • Date  20 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Teori konsumsi
    • Date  27 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis peran media dan iklan
    • Date  6 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Identitas & gaya hidup dalam konsumsi
    • Date  13 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis isu etika & keberlanjutan dalam konsumsi
    • Date  20 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS (Proyek mini)
    • Date  27 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis konsumerisme digital
    • Date  3 April 2025

  • Pertemuan 10
    Strategi pemasaran digital
    • Date  10 April 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis strategi keterlibatan konsumen
    • Date  17 April 2025

  • Pertemuan 12
    Membuat proyek penelitian berbasis konsumsi
    • Date  24 April 2025

  • Pertemuan 13
    Teori pada kampanye kreatif
    • Date  1 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Inovasi berbasis teori konsumsi
    • Date  8 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Presentasi proyek akhir
    • Date  15 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS (Proyek Final)
    • Date  22 Mei 2025

Pustaka

Dosen

FEBRIANDITA TEDJOMURTI
FEBRIANDITA TEDJOMURTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DIYAH UTAMI
DIYAH UTAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Sosiologi
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10