•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Budaya Konsumen

Program Studi S1 Sosiologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Budaya Konsumen pada program studi Sosiologi membahas tentang perilaku konsumen dalam konteks budaya. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami pola-pola konsumsi yang terjadi dalam masyarakat, serta faktor-faktor yang memengaruhi pilihan konsumen. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis terhadap budaya konsumen, perubahan tren konsumsi, dampak globalisasi terhadap pola konsumsi, serta strategi pemasaran yang berbasis pada pemahaman budaya konsumen. Dengan mempelajari Budaya Konsumen, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai hubungan antara budaya dan konsumsi dalam masyarakat.

CPMK

  • Menunjukkan pemahaman tentang konsep budaya konsumen dan mampu mengaitkannya dengan nilai-nilai agama, kebangsaan, dan etika akademik.
  • Menguasai pengetahuan tentang teori-teori budaya konsumen dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah sosial terkait budaya konsumsi.
  • Mampu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi budaya konsumen dan mengidentifikasi potensi serta modal masyarakat terkait konsumsi.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan masalah terkait budaya konsumen dan mengambil keputusan yang tepat.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Definisi dan konsep budaya konsumen
    • Date  6 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis pengaruh nilai-nilai budaya terhadap perilaku konsumen.
    • Date  13 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis pengaruh nilai-nilai budaya terhadap perilaku konsumen.
    • Date  20 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Faktor-faktor sosial dan psikologis yang mempengaruhi budaya konsumen
    • Date  27 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Bentuk teknologi dan media dalam budaya konsumen
    • Date  6 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Bentuk teknologi dan media dalam budaya konsumen
    • Date  13 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Proses globalisasi dalam budaya konsumen
    • Date  20 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  27 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Budaya popular dan pengaruhnya terhadap budaya konsumen
    • Date  3 April 2025

  • Pertemuan 10
    Budaya popular dan pengaruhnya terhadap budaya konsumen
    • Date  10 April 2025

  • Pertemuan 11
    Teori budaya popular berkaitan dengan budaya konsumen
    • Date  17 April 2025

  • Pertemuan 12
    Studi kasus berkaitan budaya konsumen dalam media dan budaya popular
    • Date  24 April 2025

  • Pertemuan 13
    Studi kasus berkaitan budaya konsumen dalam media dan budaya popular
    • Date  1 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Hubungan budaya konsumen dengan politik ekonomi global
    • Date  8 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Hubungan budaya konsumen dengan politik ekonomi global
    • Date  15 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  22 Mei 2025

Pustaka

Dosen

FEBRIANDITA TEDJOMURTI
FEBRIANDITA TEDJOMURTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DIYAH UTAMI
DIYAH UTAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Sosiologi
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10