Matakuliah ini menjadi dasar pembentukan kemampuan untuk meneliti dengan baik dan benar. Mengajarkan proses pencarian kebenaran dengan mengembangkan kemampuan berfikir rasional, terstruktur, dan obyektif.
CPMK
CPMK Ke 1
CPMK Ke 2
CPMK Ke 3
CPMK Ke 4
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Pengertian tentang penelitian Geografi
Date 28 Agustus 2023
Pertemuan 2
Kebenaran ilmiah dan bahasa keilmuan sebagai prinsip suatu penelitian
Date 4 September 2023
Pertemuan 3
Karakteristik penelitian geografi
Date 11 September 2023
Pertemuan 4
Karakteristik penelitian geografi
Date 18 September 2023
Pertemuan 5
Merumuskan tema, topik dan judul penelitian geografi
Date 25 September 2023
Pertemuan 6
Merumuskan tema, topik dan judul penelitian geografi
Date 2 Oktober 2023
Pertemuan 7
Paradigma penelitian
Date 9 Oktober 2023
Pertemuan 8
Uts
Date 16 Oktober 2023
Pertemuan 9
Sistematika penulisan proposal penelitian yang berintegritas
Date 23 Oktober 2023
Pertemuan 10
Sistematika penulisan proposal penelitian yang berintegritas
Date 30 Oktober 2023
Pertemuan 11
Merumuskan kerangka teori dan kerangka berfikir
Date 6 November 2023
Pertemuan 12
Merumuskan kerangka teori dan kerangka berfikir
Date 13 November 2023
Pertemuan 13
Metode penelitian (kuantitatif dan kualitatif)
Date 20 November 2023
Pertemuan 14
Metode penelitian (kuantitatif dan kualitatif)
Date 27 November 2023
Pertemuan 15
Kemampuan analisis instrumen penelitian pendidikan
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar tentang konsep, teori, dan prinsip kependidikan yang menjadi landasan dalam penyelenggaraan pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari sejarah pendidikan, filosofi pendidikan,
Pemahaman konsep dasar kepemimpinan, perbedaan antara leader d an manager , peranan-peranan dalam kepemimpinan, teori-teori kepemimpinan, tipe-tipe kepemimpinan, sumber-sumber kekuasaan, kepemimpinan dalam birokrasi pemerintahan, serta
Mata kuliah ini meliputi pembahasan konsep kewirausahaan dalam usaha menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan yaitu kemampuan memotivasi diri agar mampu menginderai peluang usaha, menciptakan jasa, produksi, pemasaran,