Deskripsi Mata Kuliah
Memberikan pemahaman konsep tentang teori tes klasik dan teori respons butir yang terdiri dari: (1) pengertian tes, pengukuran dan penilaian hasil belajar; (2) konstruksi tes kognitif; (3) konstruksi tes kinerja; (4) konstruksi skala sikap; (5) pengolahan hasil tes; (6) analisis butir; (7) konsep reliabilitas, validitas dan asumsi yang mendasari pengukuran pendidikan; (8) konsep estimasi parameter butir dan kemampuan dari teori respons butir; dan (9) aplikasi teori respons butir untuk mengatasi masalah pengukuran pendidikan dan kemudian menerapkannya secara mandiri pada kasus tertentu. Metode pembelajaran yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah presentasi, diskusi, dan praktek dengan perangkat lunak. Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi formatif dan sumatif juga berupa tugas mingguan, diskusi, dan pembuatan asesmen pembelajaran berbasis Computer Based Testing (CBT) dengan Computer Adaptive Testing (CAT).
CPMK
- Menerapkan konsep dan model pembelajaran inovatif dalam merancang program pengajaran yang efektif di bidang teknologi informasi (C3)
- Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran yang digunakan dalam konteks pendidikan teknologi informasi (C4, C5)
- Mengembangkan strategi evaluasi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan teknologi informasi terkini (C6)
- Menerapkan ilmu pengetahuan STEM dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran teknologi informasi (C3, C5)
- Menganalisis dampak penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dan memberikan solusi untuk peningkatan (C4, C6)
- Menciptakan materi pembelajaran yang mengintegrasikan konsep STEM dan teknologi informasi yang dapat diadaptasi dalam berbagai situasi pembelajaran (C6)
- Menerapkan dan mengevaluasi model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum teknologi informasi yang berlaku (C3, C5)
- Menganalisis kebutuhan pembelajaran dan mengembangkan program pengajaran yang responsif terhadap perkembangan teknologi terkini (C4, C6)