•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Teori Belajar

Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini membahas tentang pengertian, definisi, tujuan dan fungsi teori belajar, prinsip- prinsip, azas-azas, motivasi belajar dan macam-macam teori belajar: teori behaviorisme, kognitivisme, kontruktivisme. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan pembelajaran langsung, penugasan mandiri dan diskusi kelompok serta presentasi. (Di masa Pandemi ini menggunakan Kuliah Daring)

CPMK

  • Mahasiswa dapat menerapkan konsep dan model pembelajaran inovatif dalam merancang materi pembelajaran berbasis teknologi informasi (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan membandingkan berbagai model pembelajaran inovatif untuk menentukan yang paling efektif dalam konteks teknologi informasi (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi informasi dalam model pembelajaran yang ada dan memberikan rekomendasi perbaikan (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan program pengajaran yang mengintegrasikan model pembelajaran inovatif dan teknologi informasi terkini (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan strategi desain ilmiah dalam mengembangkan produk pendidikan atau sumber belajar yang inovatif (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan teknologi informasi dalam pengembangan sumber belajar untuk memastikan integrasi yang efektif (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi dan mengkritisi produk pendidikan yang dikembangkan berdasarkan kriteria desain ilmiah dan inovasi teknologi (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan sumber belajar baru yang mengintegrasikan teknologi informasi terkini dengan pendekatan pedagogis yang efektif (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan kurikulum teknologi informasi terkini dalam pengembangan program pengajaran (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan menyesuaikan program pengajaran dengan perubahan dalam kurikulum dan teknologi informasi yang berkembang (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Hakekah belajar, prinsip-prinsip dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar
    • Date  1 September 2024

  • Pertemuan 2
    Teori belajar behaviorisme
    • Date  8 September 2024

  • Pertemuan 3
    Membedakan prinsip-prinsip belajar umum dan prinsip-prinsip belajar khusus
    • Date  15 September 2024

  • Pertemuan 4
    Azas-azas pembelajaran dan motivasi pembelajaran
    • Date  22 September 2024

  • Pertemuan 5
    Teori pembelajaran menurut teori belajar B.F Skinner dan mampu menjelaskan isi teori pembelajaran menurut B.F Skinner
    • Date  29 September 2024

  • Pertemuan 6
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Pavlov
    • Date  6 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Robert Gagne
    • Date  13 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Sub Sumatif
    • Date  20 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Jean Piaget, menurut teori belajar Jerome Bruner, dan menurut teori belajar sosial Albert Bandura.
    • Date  27 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Teori pembelajaran menurut teori belajar Jean Piaget, menurut teori belajar Jerome Bruner, dan menurut teori belajar sosial Albert Bandura.
    • Date  3 November 2024

  • Pertemuan 11
    Teori pembelajaran konstruktivisme dan jenis-jenis teori pembelajaran konstruktivisme Mampu memahami teori pembelajaran konstruktivisme dan jenis-jenis teori pembelajaran konstruktivisme
    • Date  10 November 2024

  • Pertemuan 12
    Teori pembelajaran konstruktivisme dan jenis-jenis teori pembelajaran konstruktivisme
    • Date  17 November 2024

    Buku_Pengayaan
  • Pertemuan 13
    Pembelajaran inovatif: model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berbasis masalah
    • Date  24 November 2024

  • Pertemuan 14
    Pembelajaran inovatif: model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berbasis masalah
    • Date  1 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Pembelajaran inovatif: model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berbasis masalah
    • Date  8 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Sumatif
    • Date  16 Desember 2024

Dosen

YENI ANISTYASARI
YENI ANISTYASARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

BAMBANG SUJATMIKO
BAMBANG SUJATMIKO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RIZKY BASATHA
RIZKY BASATHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Teknologi Informasi
  • Semester1
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10