Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep dasar ilmu komunikasi beserta hambatannya dalam komunikasi, komunikasi nonverbal dan verbal, komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok, etika komunikasi, etika berkomunikasi dengan menggunakan media telepon, SMS (Short Message Service), dan email, etika berkomunikasi dalam berkenalan, menyambut tamu, dan menunggu di ruang tunggu umum. Pembelajaran dilakukan dengan penerapan pendekatan kolaboratif
CPMK
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar komunikasi perkantoran serta mengaitkannya dengan praktik administrasi perkantoran.
- Mahasiswa mampu menerapkan keterampilan komunikasi lisan, tertulis, dan digital dalam penyusunan dokumen serta interaksi profesional di lingkungan kantor.
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap etis, profesional, dan kolaboratif dalam komunikasi perkantoran, baik internal maupun eksternal.
- Mahasiswa mampu mengintegrasikan komunikasi perkantoran sebagai sarana mendukung efisiensi dan efektivitas administrasi perkantoran modern.