•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Komunikasi Bisnis

Program Studi S1 Pendidikan Bisnis UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Bisnis adalah mata kuliah yang mempelajari tentang dasar-dasar komunikasi dalam konteks bisnis. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang dibutuhkan dalam dunia bisnis untuk menghadapi tantangan komunikasi dalam lingkungan bisnis yang dinamis.Materi yang biasanya dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: Konsep Dasar Komunikasi; Komunikasi Verbal dan Nonverbal; Komunikasi Tertulis dalam Bisnis; Komunikasi Lisan dalam Bisnis; Komunikasi dalam Tim dan Organisasi; Komunikasi Pemasaran; dan Etika Komunikasi Bisnis. Dengan diskusi dan latihan, mahasiswa dapat melakukan praktek komunikasi dalam bentuk tulisan dan juga presentasi untuk tujuan bisnis. Pembelajaran selama satu semester dilaksanakan dengan metode direct instruction, inquiry, dan studi kasus.

CPMK

  • Mampu menganalisis dan mengevaluasi strategi komunikasi untuk berbagai situasi bisnis secara logis dan kritis, baik lisan maupun tulisan.
  • Mengidentifikasi komunikasi kelompok kecil dan bekerja dalam tim
  • Mampu mengaplikasikan konsep komunikasi dalam konteks pemasaran dan bisnis untuk membangun hubungan yang kuat dengan stakeholder.
  • Mampu merancang dan mengimplementasikan pesan yang persuasif dan etis dalam presentasi dan negosiasi bisnis.
  • Mampu mengevaluasi dan mengelola risiko komunikasi dalam organisasi untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis elemen-elemen kunci dalam proses komunikasi bisnis
    • Date  9 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Komunikasi kelompok kecil dan bekerja dalam tim
    • Date  16 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis simbol nonverbal dalam komunikasi bisnis dan juga menyimak
    • Date  23 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    KomuniMenerapkan komunikasi interpersonal untuk membangun hubungan profesional. (Komunikasi Interpersonal)kasi lintas budaya dalam komunikasi bisnis
    • Date  1 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    Mengelola dinamika komunikasi dalam tim untuk mencapai tujuan. (Komunikasi dalam Tim)
    • Date  8 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Beradaptasi dengan gaya komunikasi audiens dari berbagai latar belakang budaya. (Komunikasi Lintas Budaya)
    • Date  15 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Prinsip komunikasi persuasif dalam konteks pemasaran. (Komunikasi Persuasif)
    • Date  22 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  29 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Merancang komunikasi korporat untuk membangun citra dan hubungan dengan stakeholder. (Komunikasi Korporat)
    • Date  5 April 2024

  • Pertemuan 10
    Media sosial dan platform digital untuk komunikasi bisnis yang efektif. (Komunikasi Digital)
    • Date  12 April 2024

  • Pertemuan 11
    Merancang struktur dan isi presentasi bisnis yang menarik. (Presentasi Bisnis)
    • Date  19 April 2024

  • Pertemuan 12
    Teknik negosiasi dan persuasi yang etis. (Negosiasi dan Persuasi)
    • Date  26 April 2024

  • Pertemuan 13
    Komunikasi nonverbal yang profesional saat presentasi dan negosiasi. (Komunikasi Nonverbal)
    • Date  3 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Risiko dan tantangan dalam komunikasi internal dan eksternal. (Manajemen Krisis)
    • Date  10 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Mengambil keputusan strategis berdasarkan informasi komunikasi yang akurat. (Pengambilan Keputusan)
    • Date  17 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  24 Mei 2024

Dosen

TRI SUDARWANTO
TRI SUDARWANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RAYA SULISTYOWATI
RAYA SULISTYOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bisnis
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10