Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu relevan dalam proses pengambilan keputusan konsumen yang terintegrasi dalam strategi pemasaran. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan Konsep Perilaku Konsumen, Mendefinisikan Nilai Konsumen, Mendefinisikan Kepercayaan Konsumen, menjelaskan pengetahuan dan sikap konsumen, Mendefinisikan Persepsi Konsumen, Mendeskripsikan Motivasi dan Minat Membeli, Mengidentifikasi Kepribadian dan Gaya Hidup, Mengukur dan Menganalisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen, serta mampu Menganalisis dan Mempraktikkan Perlindungan Konsumen.
CPMK
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan landasan teologis perilaku konsumen Islami, termasuk prinsip etika syariah (Al-Qur’an, Hadis, nilai-nilai Islam) yang membentuk perilaku konsumsi Muslim dalam konteks global.
- Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor internal (psikologi, motivasi, persepsi, sikap, kepribadian, gaya hidup) dan eksternal (keluarga, kelompok referensi, budaya, status sosial, globalisasi) yang memengaruhi perilaku konsumen Muslim.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi proses pengambilan keputusan konsumen Muslim (pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian) serta mengaitkannya dengan implikasi strategi pemasaran Islami.
- Mahasiswa mampu merancang strategi pemasaran Islami berbasis pemahaman perilaku konsumen Muslim dengan memanfaatkan teknologi informasi (digital marketing Islami, e-commerce halal, media sosial, marketplace halal) secara adaptif, etis, dan sesuai prinsip syariah.