•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course PERILAKU KONSUMEN ISLAMI

Program Studi S1 Ekonomi Islam UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu relevan dalam proses pengambilan keputusan konsumen yang terintegrasi dalam strategi pemasaran. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan Konsep Perilaku Konsumen, Mendefinisikan Nilai Konsumen, Mendefinisikan Kepercayaan Konsumen, menjelaskan pengetahuan dan sikap konsumen, Mendefinisikan Persepsi Konsumen, Mendeskripsikan Motivasi dan Minat Membeli, Mengidentifikasi Kepribadian dan Gaya Hidup, Mengukur dan Menganalisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen, serta mampu Menganalisis dan Mempraktikkan Perlindungan Konsumen.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar dan landasan teologis perilaku konsumen Islami, termasuk prinsip etika syariah (Al-Qur’an, Hadis, nilai-nilai Islam) yang membentuk perilaku konsumsi Muslim dalam konteks global.
  • Mahasiswa mampu menganalisis faktor-faktor internal (psikologi, motivasi, persepsi, sikap, kepribadian, gaya hidup) dan eksternal (keluarga, kelompok referensi, budaya, status sosial, globalisasi) yang memengaruhi perilaku konsumen Muslim.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi proses pengambilan keputusan konsumen Muslim (pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian) serta mengaitkannya dengan implikasi strategi pemasaran Islami.
  • Mahasiswa mampu merancang strategi pemasaran Islami berbasis pemahaman perilaku konsumen Muslim dengan memanfaatkan teknologi informasi (digital marketing Islami, e-commerce halal, media sosial, marketplace halal) secara adaptif, etis, dan sesuai prinsip syariah.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Perilaku konsumen Islami, ruang lingkup, serta ciri khas konsumen Muslim.
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Perkembangan perilaku konsumen, teori-teori, serta faktor yang memengaruhi perilaku konsumen Muslim.
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis model perilaku konsumen Islami serta mengidentifikasi dasar pembentuk perilaku konsumen Muslim.
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep nilai pelanggan Islami dan faktor yang membentuk customer value.
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis dimensi customer value dalam konteks perilaku konsumen Muslim.
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Konsep kepercayaan pelanggan Muslim serta strategi mengembangkannya.
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis peran pengetahuan & sikap dalam memengaruhi keputusan konsumen Muslim.
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Pemahaman konsep dasar, teori, model, nilai pelanggan, kepercayaan, pengetahuan & sikap konsumen Muslim melalui studi kasus komprehensif.
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Prinsip-prinsip persepsi dan menganalisis pengaruh persepsi halal terhadap perilaku konsumen Muslim.
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Faktor motivasi religius dan minat pembelian konsumen Muslim.
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Menganalisis proses terjadinya minat pembelian ulang pada konsumen Muslim.
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Peran kepribadian dan gaya hidup Islami dalam perilaku konsumen Muslim.
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Kepuasan konsumen Muslim dan merancang strategi peningkatan kepuasan sesuai prinsip syariah.
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Tindak lanjut dari evaluasi kepuasan dan menyusun strategi pemasaran Islami berbasis konsumen.
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Merancang strategi peningkatan loyalitas konsumen Muslim serta menjelaskan keterkaitan dengan customer lifetime value Islami.
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Pemahaman konsep dasar, faktor internal-eksternal, kepuasan, loyalitas, dan CLV untuk merancang strategi pemasaran Islami dengan TI secara adaptif.
    • Date  19 Desember 2024

Pustaka

Dosen

KHUSNUL FIKRIYAH
KHUSNUL FIKRIYAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

FITRIAH DWI SUSILOWATI
FITRIAH DWI SUSILOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ekonomi Islam
  • Semester7
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10