Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep Pemasaran yang saat ini berorientasi dan terfokus pada pelanggan. Melalui mempelajari mata kuliah Manajemen Pemasaran Syariah, mahasiswa akan mendapatkan wawasan tentang program pemasaran modern yang sesuai dengan Syariah di abad 21. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan konsep pemasaran syariah dan konvensional, mendeskripsikan dinamika umat Islam sebagai pasar potensial (pasar, perilaku pasar dan nilai pelanggan), menjelaskan dan mempraktekkan konsep etika dalam pemasaran syariah, mendefinisikan konsep kehalalan barang dan jasa, menjelaskan ciri-ciri pemasaran syariah, mendefinisikan dan mengamalkan Perilaku Konsumen, Menjelaskan dan Mempraktikkan Strategi Komunikasi Pemasaran, Mengidentifikasi Bauran Pemasaran, dan Menjelaskan Strategi Pengembangan Produk Baru.
CPMK
- Mampu menjelaskan landasan normatif Islam dan konsep pemasaran syariah serta membedakannya dari pemasaran konvensional (termasuk nilai ibadah, muamalah, dan etika profetik).
- Menganalisis karakteristik pasar Muslim dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku keputusan pembelian untuk tujuan segmentasi, targeting, dan positioning.
- Mengidentifikasi kriteria kehalalan produk/jasa dan merancang marketing mix (produk, harga, tempat/distribusi, promosi, branding) yang sesuai prinsip syariah.
- Menyusun, menerapkan, dan mengevaluasi strategi pemasaran syariah terintegrasi pada studi kasus nyata dengan penerapan etika profetik dalam pengambilan keputusan.