•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Manajemen Industri Halal

Program Studi S2 Perekonomian Islam dan Industri Halal UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip, konsep dasar, dan praktik manajemen dalam industri halal yang mencakup sektor makanan dan minuman, kosmetik, farmasi, fashion, pariwisata, keuangan syariah, dan logistik halal. Fokus utama diberikan pada pemahaman sistem jaminan produk halal (SJPH), rantai pasok halal (halal supply chain), sertifikasi halal nasional dan internasional, serta dinamika kebijakan dan pasar industri halal global. Selain itu, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan analisis terhadap tantangan dan peluang manajerial dalam pengembangan usaha berbasis halal, termasuk aspek pemasaran, inovasi, dan strategi bisnis yang sesuai dengan prinsip syariah. Mata kuliah ini diharapkan dapat mencetak lulusan yang mampu menjadi pengelola, auditor, atau pengembang bisnis halal yang profesional, kompeten, dan beretika.

CPMK

  • Mahasiswa mampu merancang dan mengelola penelitian terapan di bidang industri halal yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan standar akademik nasional.
  • Mahasiswa mampu merancang ide bisnis berbasis prinsip syariah yang inovatif dan aplikatif dalam konteks industri halal.
  • Mahasiswa mampu menyampaikan hasil penelitian atau gagasan inovatif sebagai solusi alternatif atas permasalahan di industri halal secara tertulis dan lisan.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep pengantar bisnis
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep bisnis dalam era globalisasi
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 3
    Skala dan kelompok perusahaan
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 4
    Komponen perencanaan bisnis
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 5
    Komponen perencanaan bisnis
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 6
    Lingkungan yang berpengaruh terhadap bisnis
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 7
    Dan mengidentifikasi etika bisnis
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menyusun analisis SWOT
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menyusun analisis SWOT
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 11
    Fungsi pemasaran dalam perusahaan
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 12
    Fungsi produksi dalam perusahaan
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 13
    Fungsi pengorganisasian dalam perusahaan
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 14
    Fungsi keuangan & akuntansi
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Sistem Informasi Manajemen (SIM)
    • Date  9 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  16 Desember 2025

Dosen

SRI ABIDAH SURYANINGSIH
SRI ABIDAH SURYANINGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MOH. FARIH FAHMI
MOH. FARIH FAHMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Perekonomian Islam dan Industri Halal
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10