Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Manajemen Strategi mengkaji teori, konsep, dan praktek terkait perencanaan dan pelaksanaan strategi dalam organisasi. Fokus utama mata kuliah ini adalah untuk memahami bagaimana organisasi dapat mengidentifikasi peluang dan ancaman di pasar, merumuskan strategi yang efektif, dan mengimplementasikannya untuk mencapai keunggulan kompetitif. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model dan alat analisis strategis yang membantu dalam pengambilan keputusan serta mempelajari bagaimana strategi dapat dievaluasi dan disesuaikan seiring dengan perubahan lingkungan bisnis. Pembelajaran yang dilakukan melalui presentasi, diskusi, dan refleksi melalui case method. Mahasiswa melakukan observasi ke unit bisnis/usaha secara berkelompok, membuat laporan, mempresentasikan hasil laporan. Laporan hasil observasi memuat rekomendasi alternatif strategi yang tepat untuk unit bisnis/usaha.
CPMK
- Mampu mengkaji teori dan substansi manajemen strategi dengan tepat
- Mampu menganalisis proses penyusunan visi dan misi
- Mampu memahami lingkungan bisnis eksternal
- Mampu memahami lingkungan bisnis internal
- Mampu memahami rumusan strategi jangka panjang
- Mampu menganalisis strategi dan pemilihan strategi
- Mampu menganalisis strategi dan pemilihan strategi
- Ujian tengah semester (UTS)
- Mampu menganalisis evaluasi strategi
- Mampu mengkaji etika bisnis,tanggung jawab social, keberlangsungan lingkungan
- Mampu mengkaji isu-isu Global/ International
- Melakukan studi lapangan,menganalisis hasil case study (observasi pada unit bisnis/ usaha) berdasarkan kajian manajemen strategi
- Melakukan studi lapangan,menganalisis hasil case study (observasi pada unit bisnis/ usaha) berdasarkan kajian manajemen strategi
- Melakukan studi lapangan,menganalisis hasil case study (observasi pada unit bisnis/ usaha) berdasarkan kajian manajemen strategi
- Mempresentasikanhasil analisis casestudy (observasi padaunit bisnis/usaha)berdasarkan kajianmanajemen strategi
- Ujian akhir semester (UAS)