•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Copy Writing

Program Studi D4 Desain Grafis UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

mempelajari teori dasar penulisan naskah iklan dan formula copywriting; mengenali jenis-jenis copywriting dan strategi copywriting; mengolah ide kreatif menjadi perancangan iklan meliputi strategi iklan, desain kreatif, media planning, daya tarik iklan, pengemasan pesan iklan, dan target market; menulis headline, tagline, slogan dengan menerapkan prinsip persuasi; menerapkan teknik dan alur proses copywriting serta strategi copyediting; mempelajari cara optimasi media promosi; mempelajari teknik penulisan pada UI/UX dan praktik digital storytelling.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori dasar penulisan untuk kepentingan bisnis
  • Mahasiswa mampu melakukan riset audiens, brand, kompetitor
  • Mahasiswa mampu menyusun strategi media dengan menerapkan formula copywriting
  • Mahasiswa mampu membuat headline yang baik dan menulis naskah iklan serta media digital
  • Mahasiswa mampu melakukan pengukuran keberhasilan konten iklan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian copywriting
    • Date  3 September 2025

  • Pertemuan 2
    Sosok dan profil copywriter
    • Date  10 September 2025

  • Pertemuan 3
    Alur riset dalam industri periklanan
    • Date  17 September 2025

  • Pertemuan 4
    Alur riset dalam industri periklanan
    • Date  24 September 2025

  • Pertemuan 5
    Marketing copywriting
    • Date  1 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Memahami formula AIDA
    • Date  8 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Merancang strategi media yang sesuai berdasarkan hasil riset pada studi kasus yang dipilih
    • Date  15 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Merancang strategi media yang sesuai berdasarkan hasil riset pada studi kasus yang dipilih
    • Date  22 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Jenis-jenis headline secara spesifik sesuai dengan karakteristiknya masing-masing dan mengetahui konteks penggunaannya
    • Date  29 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Headline yang baik
    • Date  5 November 2025

  • Pertemuan 11
    Angle dalam pembuatan headline
    • Date  12 November 2025

  • Pertemuan 12
    Elemen dan metode penulisan naskah iklan
    • Date  19 November 2025

  • Pertemuan 13
    Media dan lintas komunikasi.
    • Date  26 November 2025

  • Pertemuan 14
    Merancang penulisan pada media digital
    • Date  3 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Menyusun pengukuran efektivitas periklanan
    • Date  10 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Menyusun pengukuran efektivitas periklanan
    • Date  17 Desember 2025

Dosen

BAYU DWI NURWICAKSONO
BAYU DWI NURWICAKSONO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Desain Grafis
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10