•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Program Studi S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa S3 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dengan pemahaman mendalam tentang paradigma, desain, dan aplikasi metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam konteks pendidikan. Fokus utama mencakup pengembangan proposal penelitian yang rigor, teknik pengumpulan dan analisis data yang canggih, serta integrasi kedua pendekatan dalam desain mixed methods. Tujuannya adalah menghasilkan peneliti yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian pendidikan secara komprehensif, etis, dan inovatif, dengan ruang lingkup meliputi filosofi penelitian, instrumentasi, analisis statistik multivariat, analisis data kualitatif (seperti fenomenologi dan grounded theory), serta kritik terhadap literatur penelitian pendidikan terkini.

CPMK

  • Menerapkan prinsip-prinsip penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam merancang studi penelitian pendidikan yang orisinal (C3)
  • Menganalisis permasalahan penelitian pendidikan melalui pendekatan interdisipliner menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (C4)
  • Mengevaluasi desain penelitian, instrumen, dan metodologi berdasarkan standar keilmuan penelitian dan evaluasi pendidikan (C5)
  • Menciptakan instrumen penelitian kuantitatif dan kualitatif yang inovatif untuk pengukuran pendidikan (C6)
  • Menerapkan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif mutakhir dalam konteks penelitian pendidikan (C3)
  • Menganalisis big data pendidikan menggunakan pendekatan penelitian campuran (mixed methods) (C4)
  • Mengevaluasi etika penelitian dan standar akademik dalam pelaksanaan penelitian pendidikan (C5)
  • Menciptakan proposal penelitian yang komprehensif menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif untuk pengembangan ilmu (C6)
  • Menerapkan kolaborasi penelitian dalam pengembangan sistem evaluasi pendidikan berbasis evidence (C3)
  • Menganalisis kontribusi penelitian kuantitatif dan kualitatif terhadap pengembangan teori dan praktik pendidikan (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif serta tahapan penelitian
    • Date  30 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menyusun perumusan masalah ilmiah, variabel dan fokus penelitian.
    • Date  6 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis kajian literatur dalam menyusun referensi kunci, State of the Art, dan keterbaruan penelitian (novelty)
    • Date  13 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis dan menilai kualitas desain penelitian, instrumen pengumpulan data, serta metodologi yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan kaidah ilmiah dan standar evaluasi pendidikan.
    • Date  20 September 2025

  • Pertemuan 5
    Jenis penelitian eksperimen dan noneksperimen
    • Date  27 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis jenis penelitian Studi Kasus, Grounded theory, Fenomenologi, Etnografi
    • Date  4 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Konsep populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan partisipan/informan kunci (kualitatif)
    • Date  11 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    • Date  18 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Teknik pengumpulan data kuantitatif (kusioner, angket, tes) dan data kualitatif (wawancara, observasi, reflektif jurnal, dokumen analisis, narrative inquiry, dll) )
    • Date  25 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Teknik analisis data campuran untuk mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan mendalam dari big data pendidikan.
  • Pertemuan 11
    Teknik pemeriksaaan keabsahan data triangulasi, trustworthiness, dan authenticity
  • Pertemuan 12
    Mereview artikel hasil penelitian pendidikan
  • Pertemuan 13
    Mendesain kerangka proposal penelitian
  • Pertemuan 14
    Mendesain kerangka proposal penelitian
  • Pertemuan 15
    Mendesain kerangka proposal penelitian
  • Pertemuan 16
    Mendesain kerangka proposal penelitian

Dosen

TRI RIJANTO
TRI RIJANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RIVO PANJI YUDHA
RIVO PANJI YUDHA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10