Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membekali mahasiswa S3 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dengan pemahaman mendalam tentang paradigma, desain, dan aplikasi metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam konteks pendidikan. Fokus utama mencakup pengembangan proposal penelitian yang rigor, teknik pengumpulan dan analisis data yang canggih, serta integrasi kedua pendekatan dalam desain mixed methods. Tujuannya adalah menghasilkan peneliti yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian pendidikan secara komprehensif, etis, dan inovatif, dengan ruang lingkup meliputi filosofi penelitian, instrumentasi, analisis statistik multivariat, analisis data kualitatif (seperti fenomenologi dan grounded theory), serta kritik terhadap literatur penelitian pendidikan terkini.
CPMK
- Menerapkan prinsip-prinsip penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam merancang studi penelitian pendidikan yang orisinal (C3)
- Menganalisis permasalahan penelitian pendidikan melalui pendekatan interdisipliner menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (C4)
- Mengevaluasi desain penelitian, instrumen, dan metodologi berdasarkan standar keilmuan penelitian dan evaluasi pendidikan (C5)
- Menciptakan instrumen penelitian kuantitatif dan kualitatif yang inovatif untuk pengukuran pendidikan (C6)
- Menerapkan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif mutakhir dalam konteks penelitian pendidikan (C3)
- Menganalisis big data pendidikan menggunakan pendekatan penelitian campuran (mixed methods) (C4)
- Mengevaluasi etika penelitian dan standar akademik dalam pelaksanaan penelitian pendidikan (C5)
- Menciptakan proposal penelitian yang komprehensif menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif untuk pengembangan ilmu (C6)
- Menerapkan kolaborasi penelitian dalam pengembangan sistem evaluasi pendidikan berbasis evidence (C3)
- Menganalisis kontribusi penelitian kuantitatif dan kualitatif terhadap pengembangan teori dan praktik pendidikan (C4)