Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa juga akan mempelajari peran diversitas sosiokultural dalam dunia pendidikan, serta bagaimana pendekatan behavioral, kognitif sosial, dan pemrosesan informasi dapat digunakan untuk memahami perilaku belajar.
Pembelajaran dirancang agar mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan nyata di lingkungan pendidikan melalui pengkajian kasus. Melalui studi berbagai situasi dan skenario pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat mengintegrasikan teori dengan praktik, sehingga mampu merumuskan strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif sesuai konteks peserta didik yang beragam.
CPMK
- Mastering the basic concepts of educational psychology, learner development, learning theory, and aspects of personality that affect learning, and non-formal classroom management aspects of personality that affect learning, and non-formal classroom management (C2).
- Able to assess the concepts and theories within the scope of educational psychology that are relevant to solving cases of learning or learning difficulties in the scope of non-formal education (A3).
- Responsible for individual and group learning performance, by showing active involvement in carrying out the tasks and roles assigned both individually and in groups during the learning process (A5).
- Ready in Utilizing learning resources and ICT-assisted learning media to support learning implementation (P2).