•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Instructor
Nadia Lutfi Choirunnisa
 

My Profile

Nama
Nadia Lutfi Choirunnisa, S.Pd., M.Pd.
NIDN
0008079205
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2025/2026 Gasal

(15 Reviews)

Konsep Dasar IPA Lanjut | 2024K

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang substansi konsep sifat-sifat cahaya, alat optik, listrik, magnet, IPBA, sel, keragaman makhluk hidup, invertebrate, vertebrata, sistem pada manusia yang

(15 Reviews)

Psikologi Pendidikan | 2025B

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa

(15 Reviews)

Konsep Dasar IPA Lanjut | 2024L

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang substansi konsep sifat-sifat cahaya, alat optik, listrik, magnet, IPBA, sel, keragaman makhluk hidup, invertebrate, vertebrata, sistem pada manusia yang

(15 Reviews)

Psikologi Pendidikan | 2025C

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa

(15 Reviews)

Pendidikan Steam DI SD | 2022C

  • 16 Lessons

Mata kuliah Pendidikan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics ) di SD adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang salah

(15 Reviews)

Pendidikan Steam DI SD | 2022B

  • 16 Lessons

Mata kuliah Pendidikan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics ) di SD adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang salah

(15 Reviews)

Etnosains DI SD | 2022F

  • 16 Lessons

Mata kuliah etnosains di SD (Kajian Etnosains di SD) merupakan matakuliah yang bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep etnosains dan pembelajaran etnosains di SD.

(15 Reviews)

Psikologi Pendidikan | 2025I

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa

(15 Reviews)

Psikologi Pendidikan | 2025C

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa

(15 Reviews)

Psikologi Pendidikan | 2025D

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa

(15 Reviews)

Konsep Dasar IPA Lanjut | 2024F

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang substansi konsep sifat-sifat cahaya, alat optik, listrik, magnet, IPBA, sel, keragaman makhluk hidup, invertebrate, vertebrata, sistem pada manusia yang

(15 Reviews)

Konsep Dasar IPA Lanjut | 2024M

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang substansi konsep sifat-sifat cahaya, alat optik, listrik, magnet, IPBA, sel, keragaman makhluk hidup, invertebrate, vertebrata, sistem pada manusia yang

(15 Reviews)

Konsep Dasar IPA Lanjut | 2024J

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang substansi konsep sifat-sifat cahaya, alat optik, listrik, magnet, IPBA, sel, keragaman makhluk hidup, invertebrate, vertebrata, sistem pada manusia yang

(15 Reviews)

Etnosains DI SD | 2022A

  • 16 Lessons

Mata kuliah etnosains di SD (Kajian Etnosains di SD) merupakan matakuliah yang bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep etnosains dan pembelajaran etnosains di SD.

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 8620602213 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2022G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620602213 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2022H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603198 Konsep Dasar IPA 2023H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603198 Konsep Dasar IPA 2023G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2022H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2022G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603257 Pembelajaran IPA SD 2021B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603257 Pembelajaran IPA SD 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602202 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2022D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602202 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620603198 Konsep Dasar IPA 2023R Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602086 PEMBELAJARAN TERPADU 2022G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602086 PEMBELAJARAN TERPADU 2022H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620603257 Pembelajaran IPA SD 2021D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620604214 Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD 2022D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620604214 Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD 2022F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620603260 Pendidikan STEAM di SD 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2022O Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2022F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2022E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2022E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2022F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2023F Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8720102217 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro MB022 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2021D Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2021E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2021C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 2021E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 2021F Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620603260 Pendidikan STEAM di SD 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620603260 Pendidikan STEAM di SD 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620603257 Pembelajaran IPA SD 2020D Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620603257 Pembelajaran IPA SD 2020E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620604214 Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD 2021F Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620604214 Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD 2021E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620603260 Pendidikan STEAM di SD 2020F Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620603260 Pendidikan STEAM di SD 2020E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2021E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2021F Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620602213 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2020C Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620602064 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 2020C Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 2020E Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 2020F Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620604215 Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 2020D Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620602203 Ilmu Pendidikan 2021E Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620602203 Ilmu Pendidikan 2021F Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620603257 Pembelajaran IPA SD 2019E Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620604214 Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD 2020C Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620604214 Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD 2020D Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620603260 Pendidikan STEAM di SD 2019E Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620603260 Pendidikan STEAM di SD 2019F Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2020D Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620602212 Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2020B Universitas Negeri Surabaya

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2025 Penguatan Daya Saing UMKM Kampung Lontong Menggunakan Strategi SWOT dan Matrik IE AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis 5 (3), 1769-1778
2. 2025 Pelatihan Merancang Pembelajaran Diferensiasi Terintegrasi Literasi dengan Media Video di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (2), 747-756
3. 2025 Peningkatan kemampuan literasi sains melalui model pembelajaran pjbl siswa kelas V sekolah dasar dengan proyek kotak sifat cahaya pada materi cahaya dan sifatnya Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 13 (1), 282-296
4. 2025 Mapping research on STEAM and SDGs: A bibliometric review of the literature in the last 10 years Multidisciplinary Reviews
5. 2025 Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Melalui Refleksi Budaya Lokal Kabupaten Trenggalek JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 9 (1), 492-500
6. 2024 Pelatihan Peningkatan Kualitas Media Pembelajaran Pendidik Menggunakan Platform Canva di SILN Bangkok Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2)
7. 2024 Neuropsychological in the treatment of academic abilities of children with special needs (dysgraphia, dyscalculia, dyslexia, slow learning) Education and Human Development Journal 9 (1), 96-105
8. 2024 Eksplorasi Etnosains Monumen Kapal Selam Surabaya Sebagai Sumber Belajar IPAS Sekolah Dasar Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …
9. 2024 Assistance in Designing Elementary School Learning By Integrating Literacy And Numeracy Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 8 (1), 22-36
10. 2024 STEAM-project-based learning: A catalyst for elementary school students’ scientific literacy skills European Journal of Educational Research 13 (1), 1-14
11. 2023 Development of Virtual Science Laboratory as an Alternative Learning Media International Joint Conference on Arts and Humanities 2022 (IJCAH 2022), 534-540
12. 2023 The Effectiveness of STEAM Learning Based on “Robotis” Projects to Improve Science Literacy of Elementary School Students Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (6), 4836-4841
13. 2023 Pengembangan Pembelajaran Berbasis STEAM Bagi Guru Sekolah Dasar CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (1), 1-8
14. 2023 Developing East Java local wisdom-based puppet character drama video for fourth grader in elementary schools Journal of Educational Technology and Instruction 2 (1), 62-74
15. 2023 Mobile Interactive Multimedia to Assist Prospective Science Teachers Holding Conceptual Understanding in Problem-Solving Electrical Circuits. TEM Journal 12 (4)
16. 2022 Kreasi Mini Water Heater dari Barang Bekas: Media Berbasis Steam untuk Siswa Sekolah Dasar ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 2 (2), 168-175
17. 2022 Pembelajaran Seni Musik Botol Kaca Berbasis Proyek dengan Pendekatan Steam untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya 2 (2), 155-167
18. 2021 Permainan Ular Tangga Berbasis Digital Untuk Optimalisasi Latihan Soal-Soal Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik 6 (2), 109-115
19. 2020 European Journal of Educational Research European Journal of Educational Research 13 (1), 1-14
20. 2020 Penyusunan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Indonesia Luar Negeri
21. 2020 PENGEMBANGAN MEDIA PETUALANGAN SIDAR DALAM PEMBELAJARAN IPA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA BAGI KELAS V SD
22. 2020 PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 11 SURABAYA MELALUI PEMBELAJARAN PjBL DENGAN PROYEK STEAM BIANGLALA SEDERHANA
23. 2020 PENGARUH MODEL PBL BERBASIS SSI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS V SD
24. 2020 PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PJBL MATERI ENERGI LISTRIK UNTUK SISWA KELAS V SD
25. 2020 PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PERMAINAN KUARTET (KARPET) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN
26. 2018 Improving science process skills for primary school students through 5E instructional model-based learning Journal of Physics: Conference Series 947, 012021
27. 2017 Improving The Science Process Skills and Concept Mastery for Primary School Students through Learning Based on 5E Instructional Model MISEIC 2017
28. 2010 Penerapan metode experiential learning pada keterampilan menulis narasi bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Malang
29. 1970 STEAM-Project-Based Learning: A Catalyst for Elementary School Students’ Scientific Literacy Skills European Journal of Educational Research 13 (issue-1-january-2024), 1-14