CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-7 Menguasai pengetahuan pedagogis dalam perencanaan, pengajaran, dan evaluasi pembelajaran fisika serta pengelolaan sumber daya pada penyelenggaran kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
CPL-8 Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif dalam bentuk lisan dan penulisan akademis secara efektif
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan tentang keterampilan abad ke-21 serta kerangka sistem penilaian pendidikan pada abad ke-21.
CPMK-2 Mahasiswa mampu mengkaji perkembangan sistem penilaian (UN, TIMSS, dan PISA) serta mengevaluasi sistem penilaian yang ada.
CPMK-3 Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam bidang asesmen setelah mengenal dan menelusuri tentang AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).
CPMK-4 Mahasiswa mampu menelusuri kajian UN, TIMSS, dan PISA sebagai bentuk hasil penelitian oleh peneliti bidang asesmen (memanfaatkan ICT) serta melaporkannya.
CPMK-5 Mahasiswa mampu mengevaluasi (mengkaji) karakteristik instrumen penilaian dalam UN, TIMSS, dan PISA.
CPMK-6 Mahasiswa mampu merancang instrumen penilaian pembelajaran fisika berbasis keterampilan abad ke-21.
CPMK-7 Mahasiswa mampu menyusun kajian UN, TIMSS, dan PISA untuk meningkatkan pengetahuan pedagogiknya dan menuliskannya dalam bentuk penulisan akademik (artikel ilmiah).