CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan baik secara individu maupun dalam kelompok, memiliki jiwa edu-ecopreneurship yang berwawasan lingkungan
CPL-10 Mampu melakukan pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah
CPL-11 Menguasai dasar-dasar metode ilmiah, mendesain dan melaksanakan penelitian, menyusun laporan ilmiah serta mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan.
CPMK
CPMK-1 - Menjelaskan pengertian ruang lingkup konservasi yang meliputi: latar belakang, pengertian, dan tujuan konservasi sumber daya alam.
CPMK-2 Menganalisis pengelolaan dan permasalahan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang meliputi: permasalahan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
CPMK-3 - Menganalisis kearifan lokal yang meliputi: Pemahaman, pendekatan, tantangan dan kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat di masa depan.
CPMK-4 Merancang pengelolaan sumber daya alam perkotaan/skala lokal, atau nasional