CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-8 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan, mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasilkan soslusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi dan mengunggah-nya;
CPL-10 Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;
CPMK
CPMK-1 Analisis persimpangan antara budaya, etnisitas, bahasa, agama, dan identitas dalam lingkungan pendidikan.
CPMK-2 Mengevaluasi kebijakan pendidikan dan praktik kelas untuk mengetahui efektivitasnya dalam mempromosikan kesetaraan dan inklusivitas.
CPMK-3 Kembangkan pendekatan praktis untuk mendorong partisipasi demokratis yang aktif dan penghormatan terhadap keragaman di sekolah.