CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-9 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam kontek penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
CPL-10 Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial termasuk masalah pembangunan pendidikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global dan menganalisis dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis teori, model, dan prinsip perencanaan program untuk memahami penerapannya dalam konteks sosial dan pembangunan, berdasarkan kebutuhan masyarakat yang ada dan data kontekstual untuk mengidentifikasi masalah pokok dan menentukan prioritas program.
CPMK-2 Mampu mengevaluasi komponen perencanaan program, termasuk formulasi tujuan, desain strategis, penganggaran, keterlibatan pemangku kepentingan, dan manajemen risiko, untuk memastikan kelayakan, relevansi, dan kelangsungan program.
CPMK-3 Mahasiswa membuat laporan perencanaan program yang komprehensif yang mengintegrasikan analisis situasi, tujuan, strategi, anggaran, dan komponen pemantauan–evaluasi, serta sampaikan rekomendasi yang didasarkan pada bukti kepada pemangku kepentingan.