CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-11 Mengembangkan model evaluasi dan instrumen untuk keperluan asesmen dalam bimbingan dan konseling
CPL-12 Mengembangkan sistem manajemen, strategi dan media layanan bimbingan dan konseling
CPL-13 Mengembangkan disain, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pada program S2 dan profesi bimbingan dan konseling
CPL-18 Menguasai berbagai teori, konsep serta hasil penelitian yang relevan dengan paradigma atau kerangka kerja penelitian dalam bidang Bimbingan dan Konseling
CPMK
CPMK-1 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
CPMK-2 Mampu menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan keahliannya dalam bidang bimbingan dan konseling multibudaya berlandaskan nilai-nilai kependidikan kepada peserta didik dan kepada orang tua.
CPMK-3 Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling multibudaya dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling multibudaya sesuai prosedur
CPMK-4 Mampu merancang dan mengimplementasikan program bimbingan dan konseling multibudaya dalam konteks pendidikan secara komprehensif, melalui reset dengan pendekatan multi atau transdisiplin, yang mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.
CPMK-5 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan yang terkait dengan bidang bimbingan dan konseling multibudaya dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan dan kemaslahatan umat manusia.
CPMK-6 Memiliki kepribadian kepribadian konselor dapat dilihat dari sikap dan pelayanan terhadap bimbingan dan konseling multibudaya melalui praktek secara langsung dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.
CPMK-7 Terampil berpikir logis untuk pemecahan masalah di bidang bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan multibudaya, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk menyelesaikan permasalahan sekaligus juga mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling multibudaya berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang terkait.
CPMK-8 Terampil dalam dunia pendidikan untuk pemecahan masalah di bidang bimbingan dan konseling untuk peserta didik yang berkaitan dengan multibudaya, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk menyelesaikan permasalahan peserta didik, sekaligus juga mengoptimalkan potensi peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset.
CPMK-9 Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis berkaitan dengan bimbingan dan konseling multibudaya, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk menyelesaikan permasalahan peserta didik, sekaligus juga mengoptimalkan potensi peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang terkait.
CPMK-10 Menerapkan budaya inklusif dalam menjalankan tugas sebagai pendidik PDBK dan wirausaha berlandaskan agama, moral dan etika