CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu menganalisis praksis dan teori secara kritis tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan kurikulum atau pembelajaran di bidang pendidikan dasar berbasis etnopedagogi dan literasi global yang efektif, adaptif, inklusif, dan kolaboratif.
CPL-9 Mampu memberikan pertimbangan dan/atau pendampingan pengelolaan dan pengembangan kelembagaan secara multiliterate dan etnopedagogi di bidang pendidikan dasar dengan pendekatan interdisipliner yang bisa dipertanggung jawabkan secara etika akademik berdasar hasil pemikiran kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, inklusif, adaptif dan kolabolatif.
CPMK
CPMK-1 mengevaluasi hakikat ilmu pengetahuan, khusunya ilmu pendidikan di tingkat sekolah dasar serta pendidikan dasar di perguruan tinggi
CPMK-2 menganalisis filosofi ilmu pendidikan dasar pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi
CPMK-3 mengevaluasi landasan-landasan pendidikan dasar
CPMK-4 menganalisis filsafat pendidikan Indonesia dari pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia
CPMK-5 mengevaluasi permasalahan pendidikan dasar dalam konteks praksis pendidikan dasar dikaitkan dengan filosofinya