CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Menguasai teori perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang inovatif, efektif, dan sesuai perkembangan IPTEKS
CPL-7 Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau karya inovatif yang teruji dengan pendekatan inter atau multidisiplin dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah
CPL-8 Menguasai teori manajerial dan mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bisang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal dan nasional
CPL-9 Mampu merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran ekonomi secara inovatif dengan pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) sesuai etika profesi dengan penuh tanggungjawab
CPMK
CPMK-1 Memahami dan menjelaskan perbedaan karakteristik penelitian kuantitatif dan kualitatif
CPMK-2 Menyusun disain penelitian kuantitatif dan kualitatif
CPMK-3 Menguasai konsep lanjutan analisis data penelitian secara mendalam serta memformulasikannya dalam penyelesaian masalah secara prosedural.
CPMK-4 Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan alternatif solusi dalam ruang lingkup analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif.
CPMK-5 Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam menganalisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif
CPMK-6 Bertanggung jawab dalam menginformasikan hasil analisis informasi dan data baik secara lisan dan tulisan melalui pemaparan tugas individu dan hasil kerja kelompok dalam ruang lingkup analisis data kualitatif dan kuantitatif