CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Mampu mengembangkan kurikulum, materi, perencanaan, model, dan evaluasi pembelajaran pendidikan geografi berdasarkan persoalan dan kebutuhan yang mutahir di perguruan tinggi atau sekolah atau masyarakat
CPL-8 Mampu mengelola aktivitas pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan dan pendidikan masyarakat dalam berbagai peran
CPL-10 Menguasai permasalahan pendidikan geografi berdasakan konsep pendidikan konstruktif transformatif guna memahamkan konsep penataan potensi wilayah dengan pemanfaatan teknologi geografi pada sistem pendidikan di institusi pendidikan maupun masyarakat
CPMK
CPMK-1 Mampu bertanggung jawab untuk merancang/merencanakan pembelajaran secara mandiri
CPMK-2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri dan bekerja sama untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
CPMK-3 Mampu merencanakan pembelajaran Geografi SMA dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS
CPMK-4 Mampu menganalisis karakteristik materi (content knowledge), merencanakan, mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi yang inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS
CPMK-5 Mampu memahami prinsip sasaran proses pembelajaran. Paham pengembangan bahan ajar berbasis fenomena geosfer Paham pengembangan bahan ajar berbasis potensi dan kearifan lokal