CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah di bidang Pendidikan Luar Biasa dengan memperhatikan berbagai faktor secara komprehensif;
CPL-8 Mampu memilih dan memanfaatkan system teknologi informasi dan yang adaptif dan kontekstual mendukung perencanaan, rekayasa, dan layanan di bidang Pendidikan Luar Biasa;
CPMK
CPMK-1 Mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan kreatif serta memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan, merencanakan, melaksanakan, memilih pendekatan; model; metode dan strategi pembelajaran, mengelola, mengevaluasi berkaitan dengan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi maupun aspek-aspek fisik, psikis, sosial pada diri ABK yang urgen untuk dikembangkan
CPMK-2 Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus dan memilih strategi, pendekatan, model pembelajaran, teknik pembelajaran, metode untuk pengembangan diri anak berkebutuhan khusus secara komprehensif
CPMK-3 Mampu memilih dan memanfaatkan IPTEKS dan teknologi informasi yang adaptif, relevan, kontekstual untuk mengelola pelaksanaan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus dengan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pelaksanaan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus yang dilandasi oleh prinsip dasar berpikir kritis, nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia serta berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak berkebutuhan khusus melalui pengembangan diri anak berkebutuhan khusus