Mata kuliah ini membahas, mengkaji, menganalisis tentang pengertian, landasan, tujuan, masalah berkaitan dengan pengembangan diri ABK, aspek-aspek pada diri anak berkebutuhan khusus yang urgen dikembangkan (efikasi diri, harga diri, kepribadian, kognitif, sosio-emosi, konsep diri (berkaitan dengan kesehatan fisik dan kesehatan psikis), aspek fisik (kesehatan fisik secara umum, kesehatan reproduksi dan kesehatan fisik lainnya), motorik kasar, motorik halus, psikososial, perilaku, moral, karakter, , komunikasi, motivasi intrinsik, kemandirian, self regulated, problem solving, kreativitas, life skill, self care, activities of daily living dan pengembangan aspek pada diri ABK lainnya), kaitan multiple intelligences dan lingkungan dengan pengembangan diri ABK, pendekatan; strategi; teknik; model pembelajaran; metode; media untuk pengembangan diri ABK, project dan produk berkaitan dengan pengembangan diri ABK berupa artikel, program, rancangan penelitian, bahan dan media digital maupun non digital, identifikasi permasalahan pada diri ABK yang perlu diatasi, identifikasi aspek-aspek dan potensi pada diri ABK yang urgen untuk dikembangkan, asesmen dan program pengembangan diri ABK sesuai jenis ABK, evaluasi program pengembangan diri anak berkebutuhan khusus. Pelaksanaan perkuliahan dengan menerapkan model pembelajaran project based learning.