CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-7 Mampu mengembangkan pemikiran logis, etis, kritis, sistematis, dan kreatif yang meliputi disain, pengembangan (penciptaan), pengelolaan, pemanfaatan dan evaluasi dalam sistem pendidikan dan pembelajaran dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui perencanaan, proses, evaluasi dan desiminasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
CPL-8 Mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta melalui kajian sesuai bidang keahliannya untuk menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri
CPL-10 Mampu melakukan pendalaman dan perluasan program pendidikan, pembelajaran dan pelatihan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan multidisipliner
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar pengembangan instrumen penelitian dalam merancang alat ukur yang valid dan reliabel untuk penelitian pendidikan
CPMK-2 Mahasiswa dapat menganalisis berbagai model dan pendekatan dalam pengembangan instrumen penelitian untuk memilih yang paling efektif sesuai dengan konteks penelitian
CPMK-3 Mahasiswa dapat mengevaluasi kekuatan dan kelemahan instrumen penelitian yang telah ada untuk meningkatkan kualitas instrumen yang akan dikembangkan
CPMK-4 Mahasiswa dapat menciptakan instrumen penelitian baru yang inovatif yang memenuhi standar ilmiah dan etis
CPMK-5 Mahasiswa dapat menerapkan teknik statistik dalam pengujian instrumen penelitian untuk memastikan validitas dan reliabilitas
CPMK-6 Mahasiswa dapat mengevaluasi dan memodifikasi instrumen penelitian berdasarkan feedback dari pengguna dan hasil pengujian
CPMK-7 Mahasiswa dapat menganalisis pengaruh desain instrumen terhadap hasil penelitian dan mengidentifikasi potensi bias