CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-5 Mampu menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya
CPL-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik
CPL-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai teori, pendekatan, dan fungsi sastra dalam konteks pendidikan, serta mengkaji keterkaitannya dengan perkembangan sosial, budaya, dan kebijakan pendidikan bahasa dan sastra.
CPMK-2 Mahasiswa mampu mengembangkan perspektif baru atau orisinal dalam pemanfaatan karya sastra sebagai instrumen pedagogis yang membangun karakter, estetika, dan literasi kritis peserta didik melalui penelitian berbasis teori sastra dan pendidikan.
CPMK-3 Mahasiswa mampu merancang model atau strategi pembelajaran sastra yang inovatif dan transformatif, serta relevan dengan dinamika pendidikan abad ke-21, dengan mempertimbangkan konteks lokal, nasional, dan global.
CPMK-4 Mahasiswa mampu mengkaji dan mengintegrasikan teori-teori mutakhir dalam sastra dan pembelajaran sastra dengan filsafat pendidikan serta filsafat bahasa untuk mengembangkan dan menerapkan praktik pembelajaran sastra yang ilmiah, kontekstual, dan transformatif dalam berbagai konteks pendidikan.