CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-7 Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
CPL-8 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia
CPL-9 Mampu memimpin dan mengelola penelitian interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin untuk menghasilkan inovasi dan pengembangan pendidikan sains
CPMK
CPMK-1 Mengembangkan teori, konsepsi, gagasan ilmiah dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan sains secara komprehensif dan kontekstual
CPMK-2 Menguasai landasan penelitian kualitatif naturalistik dan penggabungannya dengan penelitian kuantitatif dalam rangka memperbaharui keilmuan pendidikan sains.
CPMK-3 Menyusun rancangan penelitian kualitatif dan penggabungannya antara penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix method)dalam rangka penyusunan desertasi.
CPMK-4 Menjunjung tinggi nilai dan kebudayaan manusia dalam rangka mengembangkan sikap, ketrampilan, dan kemampuan mahasiswa (kognitif, afektiv, dan psikomotor) secara terintegrasi.