CPL-5 Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep-konsep filsafat penelitian dalam pengembangan sistem penilaian dan evaluasi pendidikan yang efektif (C3)
CPMK-2 Menganalisis berbagai teori dan model evaluasi pendidikan untuk memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam konteks pendidikan yang berbeda (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas instrumen tes dan non-tes dalam mengukur hasil belajar sesuai dengan prinsip-prinsip filsafat penelitian (C5)
CPMK-4 Menciptakan metodologi penelitian yang inovatif berdasarkan prinsip-prinsip filsafat penelitian untuk mengatasi masalah evaluasi pendidikan yang kompleks (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik analisis data yang sesuai untuk menginterpretasikan hasil evaluasi pendidikan berdasarkan kerangka filsafat penelitian (C3)
CPMK-6 Menganalisis dampak penerapan berbagai pendekatan filsafat penelitian terhadap kebijakan pendidikan dan praktik evaluasi (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi keterkaitan antara teori dan praktik dalam penelitian dan evaluasi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan alat evaluasi baru yang mengintegrasikan teori filsafat penelitian dengan kebutuhan praktis di lapangan (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip-prinsip filsafat penelitian dalam merancang dan melaksanakan penelitian evaluatif yang berorientasi pada hasil (C3)
CPMK-10 Menganalisis kasus-kasus evaluasi pendidikan untuk mengidentifikasi dan memformulasikan solusi berbasis penelitian (C4)