CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep-konsep dasar instrumen non kognitif dalam pengembangan sistem evaluasi pendidikan (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas penggunaan instrumen non kognitif dalam konteks pendidikan yang berbeda (C4, C5)
CPMK-3 Mengembangkan instrumen non kognitif yang inovatif berdasarkan kebutuhan spesifik penelitian atau evaluasi pendidikan (C6)
CPMK-4 Menerapkan teknik analisis data untuk menilai validitas dan reliabilitas instrumen non kognitif (C3, C4)
CPMK-5 Mengintegrasikan teknologi informasi dalam pengembangan dan implementasi instrumen non kognitif (C3, C6)