CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu mengaplikasikan konsep filsafat penelitian dan evaluasi pendidikan sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji untuk pengembangan sistem penilaian, evaluasi pendidikan, serta instrumen tes dan non-tes
CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPL-8 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep-konsep dasar pengukuran psikologis dalam konteks penelitian dan evaluasi pendidikan (C3)
CPMK-2 Menganalisis data menggunakan model statistik dan algoritma dalam pengukuran psikologis untuk menghasilkan solusi yang tepat (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas sistem penilaian dan instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian pendidikan (C5)
CPMK-4 Menciptakan instrumen tes dan non-tes yang inovatif berdasarkan prinsip-prinsip psikometrika komputasi (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik analisis big data untuk menginterpretasikan dan memanfaatkan hasil penelitian dalam pengembangan pendidikan (C3)
CPMK-6 Menganalisis dan mengkritisi berbagai pendekatan dalam tes adaptif komputerisasi dan pengaruhnya terhadap hasil penilaian (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi dan mengembangkan metode penelitian yang dapat meningkatkan kualitas dan integritas ilmiah dalam evaluasi pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan pendekatan baru dalam penelitian dan evaluasi pendidikan yang berkontribusi pada kemaslahatan umat manusia (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip-prinsip filsafat penelitian dalam pengembangan sistem evaluasi yang kreatif dan original (C3)
CPMK-10 Menganalisis kebutuhan spesifik komunitas pendidikan untuk mengembangkan solusi evaluasi yang sesuai (C4)