CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPL-7 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
CPMK
CPMK-1 Mampu menerapkan teknik statistik dalam pengembangan instrumen penilaian untuk penelitian psikometrika (C3)
CPMK-2 Menganalisis data besar menggunakan model statistik untuk memahami pola-pola dalam psikologi dan pendidikan (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas algoritma statistik dalam tes adaptif komputerisasi dan memberikan rekomendasi perbaikan (C5)
CPMK-4 Menciptakan model analisis data yang inovatif untuk penelitian interdisipliner dalam pendidikan (C6)
CPMK-5 Menerapkan metode statistik untuk menyelesaikan permasalahan nyata dalam evaluasi program pendidikan (C3)
CPMK-6 Menganalisis hasil penelitian menggunakan teknik statistik untuk mengidentifikasi tren dan anomali dalam data pendidikan (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi kualitas dan keandalan instrumen penelitian berbasis statistik dalam studi pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan pendekatan baru dalam analisis statistik yang mendukung keputusan strategis di sektor pendidikan (C6)
CPMK-9 Menerapkan analisis statistik untuk mengembangkan dan mengevaluasi tes adaptif komputerisasi dalam psikometrika (C3)
CPMK-10 Menganalisis dan mengevaluasi efektivitas pendekatan interdisipliner dalam penelitian pendidikan menggunakan metode statistik (C4)