Deskripsi Mata Kuliah
Pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang mata kuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi: pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai individu, pendekatan bimbingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus. Untuk pelaksanaan perkuliahan menerapkan Project Based Learning dalam mengintervensi kasus ABK.
CPMK
- Menguasai secara mendalam pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang matakuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi : pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai inidividu, pendekatan bimibingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Mampu memberikan layanan kekhususan yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Mampu berpikir logis dalam pemecahan masalah di bidang bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus (ABK), serta merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dan layanan bagi anak berkebutuhan khusus. Mahir dalam mengoptimalkan potensi ABK dengan prinsip dan prosedur yang tepat, serta bekerja secara mandiri maupun dalam tim kolaboratif. Terampil dalam mengkomunikasikan ide dan pendapat secara lisan dan tertulis terkait dengan bimbingan konseling ABK.
- Menerapkan budaya inklusif dalam menjalankan tugas sebagai pendidik PDBK dan wirausaha berlandaskan agama, moral, dan etika