Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep gaya belajar anak dengan spektrum autis, model pembelajaran perilaku untuk anak dengan spektrum autis, model pembelajaran perkembangan untuk anak dengan spektrum autis, model pembelajaran kognitif untuk anak dengan spektrum autis, model pembelajaran multi-dimensi untuk anak dengan spektrum autis, kurikulum akademik untuk anak dengan spektrum autis, perencanaan pembelajaran untuk anak dengan spektrum autis, pelaksanaan pembelajaran untuk anak dengan spektrum autis dan evaluasi pembelajaran untuk anak dengan spektrum autis. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran direct learning, case study, small-group discussion, problem-based learning, project-based learning dan collaborative learning.
CPMK
- Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik gaya belajar anak dengan spektrum autis dan menentukan strategi pembelajaran individual yang sesuai untuk meningkatkan efektivitas layanan akademik bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).
- Mahasiswa mampu menerapkan berbagai model pembelajaran (perilaku, perkembangan, kognitif, dan multi-dimensi) secara kritis dan kontekstual dalam perancangan kurikulum dan layanan pendidikan bagi anak dengan spektrum autis.
- Mahasiswa mampu merancang rencana pembelajaran individual yang memadukan prinsip-prinsip pedagogi khusus, media, dan teknologi asistif, untuk mendukung capaian akademik anak dengan spektrum autis.
- Mahasiswa mampu melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran untuk anak dengan spektrum autis secara kolaboratif, reflektif, dan berkelanjutan dengan memanfaatkan pendekatan interdisipliner dan teknologi pendukung.