•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas secara komprehensif tentang pengembangan sosial emosional anak usia dini (AUD) dengan pendekatan teoritis dan praktis. Mahasiswa akan mempelajari hakikat, karakteristik, serta tahapan perkembangan sosial emosional AUD berdasarkan teori-teori perkembangan dari para ahli seperti Erikson, Bowlby, dan Goleman. Pembahasan mencakup faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan sosial emosional, baik faktor internal seperti temperamen dan kecerdasan emosional, maupun faktor eksternal seperti pola asuh dan lingkungan sosial. Mata kuliah ini juga membekali mahasiswa dengan keterampilan merancang program stimulasi sosial emosional yang terintegrasi dalam kurikulum PAUD, termasuk teknik evaluasi perkembangan menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Untuk menguatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa, pembelajaran dilakukan melalui berbagai metode seperti ceramah interaktif, diskusi kasus, project-based learning dalam penyusunan program pengembangan, serta simulasi pembelajaran melalui peer teaching. Mahasiswa akan memiliki pengalaman langsung menganalisis kasus perkembangan anak, merancang kegiatan stimulasi sesuai tahap usia, dan mempraktikkan asesmen perkembangan sosial emosional. Melalui kombinasi pembelajaran teoritis dan praktik ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami karakteristik perkembangan sosial emosional AUD, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat perkembangannya, serta menerapkan strategi pengembangan yang tepat dalam setting pendidikan anak usia dini. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara komprehensif melalui penugasan individu dan kelompok, ujian tengah dan akhir semester, serta penilaian praktik micro teaching.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan sosial emosional.
  • Mahasiswa mampu menganalisis hakikat, pengertian, karakteristik pengembangan sosial emosional AUD, faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak, Peran pematangan dan belajar pada pengembangan sosial emosi anak
  • Mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan , menganalisis dan melakukan inovasi pengembangan sosial emosi pada AUD
  • Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengetahuan hakikat, pengertian dan karakteristik pengembangan seni AUD dan mengenal jenis seni AUD
    • Date  25 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Pemahaman Permasalahan Sosial dan Emosi pada anak AUD dan faktor pendukung dan penghambat pengembangan sosial emosi anak
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Pemahaman pentingnya pengembangan sosial emosional pada AUD dan peran pematangan perkembangan dan stimulasi belajar pada pengembangan sosial emosi anak.
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Program pengembangan sosial emosional anak usia dini
    • Date  15 September 2025

  • Pertemuan 5
    Pemahaman sasaran pengembangan sosial dan emosi di TK dan kegiatan pengembangan sosial dan emosi di TK.
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 6
    Pemahaman keterampilan pengembangan sosial emosi anak melalui kegiatan rutin, terprogram, spontan, dan keteladanan dan pelibatan orang tua dalam pemngembangan sosial emosi anak
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 7
    Pemahaman keterampilan karakteristik evaluasi pengembangan sosial emosi dan teknik evaluasi pengembangan sosial emosi anak
    • Date  6 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian tengah semester
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Keterampilan membuat program pengembangan sosial emosi anak AUD
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Keterampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD
    • Date  3 November 2025

  • Pertemuan 11
    Keterampilan membuat pengembangan sosial emosi anak AUD dengan pelibatan orang tua
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 12
    Ketrampilan membuat evaluasi program pengembangan sosial emosi AUD dengan pelibatan orang tua
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 13
    Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 14
    Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Keterampilan peer teaching pengembangan sosial emosi
    • Date  8 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  15 Desember 2025

Dosen

MELIA DWI WIDAYANTI
MELIA DWI WIDAYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester4
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10