•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Perspektif Teori Belajar di Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang berbagai perspektif tentang teori belajar. Baik dari perspektif tokoh Pendidikan di Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara, maupun tokoh Pendidikan dari Negara Maju. Mahasiswa juga dapat memahami prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajaran di kelas sehari-hari.

CPMK

  • Menganalisis secara praksis tentang teori belajar yang sesuai dengan pendidikan dasar berdasarkan pendekatan interdisipliner.
  • Mensintensis keterkaitan teori-teori belajar berdasarkan bidang studi secara mandiri.
  • Mengevaluasi penerapan teori belajar dengan memperhatikan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis praksis di pendidikan dasar.
  • Mengidentifikasi temuan hasil riset dan merancang artikel ilmiah dari hasil analisis praktis teori belajar di pendidikan dasar.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar kognitif dan konstruktifis di pendidikan dasar.
    • Date  25 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar kognitif dan konstruktifis di pendidikan dasar.
    • Date  1 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar humanistik dan behavioristik di pendidikan dasar.
    • Date  8 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar humanistik dan behavioristik di pendidikan dasar.
    • Date  15 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar sibernetik dan gestalt di pendidikan dasar.
    • Date  22 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar sibernetik dan gestalt di pendidikan dasar.
    • Date  29 September 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis secara praksis tentang penerapan teori belajar sibernetik dan gestalt di pendidikan dasar.
    • Date  13 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  20 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Implikasi praksis teori montessori dalam pembelajaran di kelas awal di sekolah dasar.
    • Date  27 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Implikasi praksis teori ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran di sekolah dasar.
    • Date  3 November 2025

  • Pertemuan 11
    Implikasi praksis teori Ahmad Dahlan, dan Hasyim Asy’Ari dalam pembelajaran di sekolah dasar.
    • Date  10 November 2025

  • Pertemuan 12
    Implikasi praksis teori Ahmad Dahlan, dan Hasyim Asy’Ari dalam pembelajaran di sekolah dasar.
    • Date  17 November 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang dan mengembangkan hasil riset terkait isu-isu yang telah ditemukan untuk dipublikasikan.
    • Date  24 November 2025

  • Pertemuan 14
    Merancang dan mengembangkan hasil riset terkait isu-isu yang telah ditemukan untuk dipublikasikan.
    • Date  1 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Merancang dan mengembangkan hasil riset terkait isu-isu yang telah ditemukan untuk dipublikasikan.
    • Date  8 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  15 Desember 2025

Pustaka

Dosen

JULIANTO
JULIANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WAHYU SUKARTININGSIH
WAHYU SUKARTININGSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10